Cara Supaya Instagram Tidak Kena Hack - Sering Dicari

07 November 2018

Cara Supaya Instagram Tidak Kena Hack

Instagram saat ini bisa dibilang sudah menjadi rumah kedua bagi kita semua, setiap pagi bangun tidur, saat waktu senggang di jam kantor, dan sebelum tidur kita pasti mengecek instagram, scrolling timeline dan tab explore membuat kita ketagihan dan sayang dengan aplikasi upload foto dan vidio ini.

Bahkan, instagram sekarang sudah bisa dijadikan media untuk berbisnis dan menghasilkan banyak uang hingga puluhan juta rupiah lho. Maka dari itu akan sangat disayangkan apabila akun instagram yang kita miliki di-hack atau dibobol oleh orang lain.

Cara Supaya Instagram Tidak Kena Hack Terbaru
Image source : Unsplash/neonbrand

Walaupun hanya sekedar untuk memposting hal biasa, sayang rasanya jika akun yang selama ini kita rawat tiba-tiba tidak bisa masuk entah karena apa. Foto dan vidio koleksi kita otomatis akan hilang, teman-teman pun jadi berfikir bahwa kita suka mengganti akun, padahal tidak seperti itu.

Sebelum terjadi, sebaiknya kita mengantisipasi terlebih dahulu supaya akun instagram kita tidak terkena hack oleh orang lain. Berikut caranya!

1. Ganti Password Secara Rutin

Mengganti password secara rutin sangat dianjurkan, dengan begitu orang akan kebingungan ketika mereka mengetahui secara tidak sengaja saat Anda hendak login

Selain itu gunakan kombinasi password yang rumit seperti huruf besar dan angka dijadikan satu. Semakin rumit password Anda akan semakin sulit juga orang menebaknya. Jangan pernah membuat password menggunakan tanggal lahir, dan apapun yang sederhana dan umum.

2. Jangan Gunakan Pihak Ketiga

Pihak ketiga yang saya maksud yaitu aplikasi lain selain instagram yang Anda berikan akses untuk melihat dan mengetahui informasi pada akun Anda.

Contoh yang paling sering digunakan yaitu aplikasi repost atau pengecek unfollowers. Saat Anda menggunakan aplikasi tersebut pertama kali Anda akan ditanya tentang akses aplikasi untuk mengetahui akun dan informasi lain, salah satunya kata sandi. Dengan begitu aplikasi tersebut bisa dengan mudah masuk dan mengganti password jika point nomor satu tidak Anda lakukan.

Cabut akses jika memang Anda sudah tidak menggunakan aplikasi. 

3. Login di HP Sendiri

Sebenarnya tidak masalah ketika Anda ingin login instagram menggunakan HP orang lain, tapi alangkah lebih aman sebaiknya menggunakan HP sendiri supaya kerahasiaan tetap terjaga.

Baca juga : 5 Cara membuat foto instagram menjadi lebih menarik

Ketika Anda meminjam HP teman atau orang lain, bisa jadi di dalam HP tersebut sudah ter-install aplikasi untuk mengecek password Anda. Tentu akan sangat merugikan, bukan? Selain itu kemungkinan Anda lupa logout juga besar, bila hal ini terjadi otomatis informasi akun Anda akan diketahui oleh orang lain.

4. Reset Password

Saat Anda ingin masuk ke akun instagram tetapi tidak bisa dengan alasan password sudah diganti atau salah, segera reset password Anda. Otomatis link pergantian password akan dikirim melalui email. Karena jika instagram memberikan informasi tersebut, bisa jadi ada orang yang sudah mengganti password instagram Anda baru-baru ini.

Segera me-reset adalah cara terbaik supaya akun bisa digunakan kembali seperti semula.
Disqus comments