Apa Itu Scalling Gigi? Bagaimana Rasanya? Sakit kah? - Sering Dicari

07 November 2018

Apa Itu Scalling Gigi? Bagaimana Rasanya? Sakit kah?

Beberapa dari Anda mungkin akan berfikir bahwa pergi ke dokter gigi itu menakutkan, rasa sakit akan menghampiri saat pergi ke dokter. Melihat alatnya saja sudah takut. Hal ini membuat Anda menunda untuk kontrol ke dokter gigi memeriksa kesehatan gigi Anda.

Padahal tidak seperti itu, justru dengan pergi ke dokter gigi masalah gigi dan mulut Anda akan segera teratasi, Anda tidak perlu memikirkan keluhan dikemudian hari. Salah satu perawatan gigi yang disarankan untuk datang setiap 6 bulan sekali atau 2 kali dalam 1 tahun yaitu scalling gigi.

Apa Itu Scalling Gigi? Bagaimana Rasanya? Sakit kah?
Image source : Shutterstock/Africa Studio

Apa itu scalling gigi?

Jadi scalling itu adalah perawatan pembersihan gigi seperti karang dan kotoran yang menempel. Dokter akan menggunakan alat khusus sehingga karang dan kotoran akan terangkat, karena jika dibersihkan dengan sikat gigi saja tidak cukup.

Proses scalling gigi tergantung dengan banyaknya karang yang menempel, semakin banyak otomatis semakin lama. Sesuai pengalaman saya pada waktu ke dokter kurang lebih memakan waktu 1 jam. Padahal bisa dibilang tidak terlalu banyak.

Untuk masalah biayanya tergantung klinik dan dokter masing-masing, biasanya mulai Rp 200.000,- untuk pembersihan atas dan bawah, namun ada juga yang menghitung per rahang saja.

Jika Anda ingin pergi ke dokter gigi untuk melakukan perawatan ini pasti bertanya-tanya, apalagi sebelumnya Anda belum pernah melakukan. Bagaimana rasanya? Apakah sakit? Jawabannya tidak sakit sama sekali. 
Proses scalling gigi sangat menyenangkan, apalagi kalau dokter Anda ramah. Mungkin ada sedikit rasa ngilu yang tidak menyakitkan karena wajar gigi kita sedang dibersihkan menggunakan alat. Hal ini akan hilang ketika proses scalling sudah selesai. Sebelum dimulai biasanya dokter memberikan intruksi untuk menggangkat tangan ketika terasa sakit, kemudian dokter akan menghentikan proses pembersihan sebentar.

Resiko tidak pernah scalling gigi?

Pernah konsultasi ke dokter tentang hal ini, karang gigi dapat merusak akar gigi sehingga gigi akan copot walaupun terlihat tidak berlubang dan baik-baik saja. Selain itu, scalling gigi tidak hanya membersihkan karang saja, tetapi dokter juga menyikat sehingga gigi akan menjadi lebih bersih.
Disqus comments