02 September 2018

Kebiasaan Buruk yang Wajib Ditinggalkan Sebelum Tidur

Setiap orang memiliki kebiasaan sebelum tidur, ada kebiasaan yang memang harus dilakukan, namun juga ada kebiasaan yang wajib kamu tinggalkan kalau hingga sekarang Anda masih mengulangnya setiap malam.

Mendapatkan tidur berkualitas tentu menjadi keinginan semua orang, namun kebanyakan orang  mengabaikan kebiasaan buruk yang justru akan mengurangi bahkan membuat tidur Anda tidak nyenyak. Tidur lama tetapi masih belum cukup.

Kebiasaan Buruk yang Wajib Ditinggalkan Sebelum Tidur
Image source : unsplash/Vladislav Muslakov

Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang kebiasaan buruh yang harus ditinggalkan sebelum tidur supaya jam istirahat Anda di malam hari semakin berkualitas.

1. Bermain HP Sebelum Tidur

Terlihat sepele namun jangan diteruskan kebiasaan ini karena akan membuat tidur Anda tidak berkualitas. Bermain HP sebelum tidur memiliki dampak yang bisa dibilang luar biasa. Salah satunya yaitu insomnia berkelanjutan, justru Anda akan mengalami gangguan sebelum tidur, tidur akan menjadi sulit.

Selain itu, jam istirahat akan terpotong. Rasa mengantuk akan hilang dipengaruhi oleh tontonan dan rasa penasaran dengan apa yang Anda lihat di dalam HP. Jika Anda bermain HP dengan kondisi tidur juga akan merusak mata perlahan-lahan dan membuat keriput di bagian mata karena lelah, terlebih bila lampu dimatikan.

2. Makan Sebelum Tidur

Tidak banyak disadari oleh orang, makan sebelum tidur sebenarnya tidak boleh dilakukan. Makanan yang baru saja masuk ke dalam perut otomatis membutuhkan waktu untuk diproses, biasanya setengah jam setelah makan.

Ketika Anda makan sebelum tidur, badan yang seharusnya istirahat saat Anda terlelap, justru akan memproses makanan tersebut. Tidur setelah makan memang sangat enak, tetapi usahakan paling tidak satu jam setelah makan.

3. Stress

Membawa masalah saat tidur juga akan mempengaruhi kualitas tidur Anda, secara tidak sadar otak Anda masih memikirkan suatu masalah sehingga istirahat Anda tidak akan bermakna.

Coba bayangkan, sebelum tidur Anda memikirkan masalah, setelah bangun, masalah tersebut masih ada di kepala Anda. Akan terasa sia-sia meskipun tidur delapan jam. Makan dari itu usahakan selesaikan masalah sebelum tidur, entah itu pekerjaan ataupun asmara.

4. Tidak Gosok Gigi

Tidak menggosok gigi sebelum bisa dibilang hal yang sangat fatal, apalagi setelah makan Anda tidak menggosok gigi. Kotoran yang menempel pada gigi tentu akan menjadi bakteri yang merusak kesehatan gigi Anda.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi bau tidak sedap pada mulut ketika pagi hari, disarankan untuk selalu menggosok gigi sebelum tidur. Kerugian lain yang akan Anda dapatkan yaitu muncul masalah baru seperti karang gigi yang pada akhirnya sulit dibersihkan, sakit gigi, dan gigi berlubang.

5. Tidak Cuci Muka

Membersihkan muka setelah aktifitas panjang yang dilakukan seharian adalah hal yang wajib dilakukan. Ketika Anda tidak mencuci muka sebelum tidur, muka Anda akan sulit mendapatkan oksigen dan bernafas saat istirahat. Kulit muka tidak memiliki ruang bebas karena terhalang oleh debu dan make up.

Jika dilakukan setiap hari, masalah jerawat juga akan timbul.

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...