01 September 2018

5 Cara Membuat Foto Instagram Terlihat Menarik

Memiliki feed instagram tentu menjadi impian semua orang. Untuk membuatnya, kita harus memperhatikan style dan teknik saat pengambilan foto. Sebelum kita memulai, tentukan terlebih dahulu tema yang ingin Anda angkat di instagram yang Anda miliki. Apakah simple, high key, dark, atau yang lainnya.

Foto instagram supaya menarik dan bisa menambah banyak followers tentu saja bisa Anda lakukan jika mengerti apa saja yang perlu diperhatikan. Namun, pada dasarnya semua style kurang lebih sama teknik pengambilan gambarnya. Maka dari itu, kali ini saya ingi berbagi sedikit tips bagaimana cara membuat foto instagram menjadi lebih menarik dan berbeda dengan kebanyakan orang.

Cara Membuat Foto Instagram Terlihat Menarik
Image source : unsplash/Marco Xu

1. Perhatikan Background / Latar Belakang

Background menjadi hal  yang penting supaya foto kita terlihat menarik. Gunakan background dengan memanfaatkan lingkungan sekitar kita seperti alam, atau dedauanan. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan membeli hiasan-hiasan untuk ditaruh di rumah.

Jika terasa bosan dan sudah kehabisan stock, cafe dengan konsep unfinished juga tidak kalah keren, lho. Biasanya cafe memiliki tembok yang masih belum dicat, atau bahkan memiliki gambar-gambar unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

2. Pemilihan Pakaian

Setelah itu, hal yang tidak kalah penting yaitu memilih pakaian. Tentukan style yang ingin Anda angkat untuk dijadikan ciri khas. Misalnya berhijab, atau simple seperti fashion yang sedang trending di Amerika.

Anda juga bisa menentukan style Anda sendiri, jika Anda memiliki banyak pakaian, Anda bisa mencampurnya dan mengkombinasikan sesuai dengan kreatifitas.

3. Pose

Tidak boleh dilewatkan yaitu pose, pemilihan foto apakah hanya ekspresi saja atau full background tetap haris memikirkan hal ini supaya foto menjadi lebih hidup dan asik untuk dilihat. Untuk mencari referensi Anda bisa mengikuti selebgram luar negeri, biasanya mereka memiliki pose yang tidak kaku dan patut untuk ditiru.

4. Kamera

Sebenarnya menggunakan kamera HP saja sudah cukup. Namun, jika ingin terlihat lebih profesional Anda bisa menggunakan karema DSLR atau Mirrorless. Kamera ini akan membuat foto yang sebenarnya biasa saja, menjadi lebih hidup dan tidak blur.

Jika ada uang lebih, Anda bisa menginfestasikan uang tersebut dengan membeli lensa. Supaya background terlihat bokeh, gunakan lensa fix.

5. Pemotongan Foto / Crop

Pemilihan crop menurut saya adalah selera, tetapi foto yang square atau kotak menurut saya lebih asik dibandingkan dengan full. Anda bisa mencoba kedua hal ini, lebih nyaman dimana.

Foto kotak biasanya akan lebih mempunyai detail yang bisa dinikmati, terutama untuk foto-foto close up yang menampilkan ekspresi wajah atau detail seperti jam tangan, atau kaca mata. Semoga berhasil!

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...