11 Agustus 2018

Cara Sukses Mempromosikan Bisnis UKM Lewat Internet

Meningkatkan penjualan bisnis UKM saat ini bisa dilakukan dan ditunjang melalui promosi di internet, atau yang biasa disebut dengan digital marketing. Jika Anda baru saja ingin merambah dunia maya untuk memperluas pasar yang Anda miliki, sangat tepat sekali jika Anda menemukan artikel ini.

Promosi bisnis UKM yang kita miliki lewat internet sangat banyak manfaat dan mudah dilakukan, bahkan bisnis UKM kecil pun bisa menjadi lebih besar jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Cara Sukses Mempromosikan Bisnis UKM Lewat Internet

Namun, sebelum melakukan dan memulai promosi online, buang jauh-jauh pemikiran seperti "Bisnis saya hanya UKM, lewat brosur saja sudah cukup". Seiring berjalannya waktu, bisnis UKM Anda juga harus mengikuti perkembangan jaman, jika ada yang mudah kenapa harus cara sulit dan bahkan bisa menghabiskan pengeluaran yang luar biasa. Dengan internet, tidak akan ada lagi yang akan membuang brosur UKM Anda di tong sampah.

Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memulai promosi bisnis UKM kita di internet?

Promosi lewat internet ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelumnya, yaitu memilih tempat dimana Anda akan promosi. Seperti halnya di dunia nyata, Anda ingin membuka toko di pasar, di super market atau tempat sendiri. Internet juga seperti itu, ada social media seperti facebook, instagram, atau Anda ingin membuka tempat sendiri dengan membuat sebuah website atau blog.

Pilih salah satu dari pilihan tersebut, jika akun facebook atau website sudah jadi, Anda bisa melengkapi semua profil secara menyeluruh mulai dari diskripsi produk, dan keterangan bahwa toko Anda menjual misalnya saja sepatu. Tulis secara lengkap seperti contoh, toko sepatu paling murah di Jakarta dengan bahan kualitas import.

Karena toko kita tidak bisa dikunjungi dan pelanggan tidak bisa menyentuh barang yang kita jual, membuat foto produk secara detail adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk meyakinkan calon pembeli. Foto barang dagangan Anda dari berbagai sudut pandang dan menggunakan kualitas kamera yang bagus sehingga tampak profesional.

Selanjutnya, berikan penawaran khusus untuk calon pembeli Anda. Bisa gratis ongkos kirim atau diskon, sehingga pelanggan akan merasa diuntungkan.

Saya anggap semuanya sudah Anda lakukan, membuat akun di social media dan membuat website yang keren. Untuk menambah product knowladge bisnis UKM yang Anda miliki, Anda bisa memanfaatkan fitur ads atau promosi melalui facebook, instagram atau google. Dengan begini, bisnis UKM Anda akan semakin dikenal.

Keuntungan mengiklan di social media tersebut produk Anda sudah pasti akan dilihat oleh banyak orang sesuai dengan target pasar yang Anda miliki.

Kalau memang tidak ingin atau takut kehilangan uang, Anda bisa melakukan promosi secara organik, tapi akan membutuhkan waktu yang sedikit lama. Caranya dengan update artikel atau foto secara berkala di akun yang Anda miliki. Pelan-pelan pengguna internet akan menyadari bahwa bisnis UKM Anda sudah ada di internet. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jika ada pertanyaan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...