Tips Jualan Laris Manis di Tokopedia & Bukalapak - Sering Dicari

12 Agustus 2018

Tips Jualan Laris Manis di Tokopedia & Bukalapak

Walaupun kedua platform toko online ini berbeda dan bersaing secara ketat, Tokopedia dan Bukalapak adalah satu tempat dimana Anda bisa menjual barang dagangan secara online dan membantu meningkatkan omset hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Jadi, jika Anda hanya memiliki toko disalah satu platform tersebut tidak masalah, secara garis besar cara untuk berjualan laris manis melalui Tokopedia atau Bukalapak tetap sama saja. Meskipun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tips Jualan Laris Manis di Tokopedia & Bukalapak

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit tips bagaimana caranya meningkatkan penjualan. Mungkin sekarang toko online Anda masih belum sesuai dengan target yang diinginkan. Jangan kawatir, semua bisa diperbaiki. Berjualan di Tokopedia dan Bukalapak memang memiliki banyak pesaing, sehingga kadang kita merasa putus asa sebelum berjuang. Jika dilakukan dengan tepat, toko Anda bisa meningkat penghasilannya.

1. Gunakan Foto Asli

Karena calon pembeli tidak bisa memegang produk yang Anda jual, diwajibkan untuk foto produk menggunakan foto asli. Bukan mengambil dari Google Image yang kebanyakan orang sudah punya.

Keuntungan selain gambar terlihat lebih jelas dan detail, pelanggan akan lebih percaya karena Anda benar-benar menjual barang tersebut. Usahakan foto lebih dari satu supaya calon pembeli bisa melihat dari berbagai macam sudut pandang dan lebih yakin untuk membeli.

2. Gunakan Fitur Premium

Tokopedia dan Bukalapak memiliki fitur premium yang mempermudah toko Anda promosi disana. Selain itu, toko Anda akan terlihat berbeda dengan toko pada umumnya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada toko yang Anda miliki.

Untuk mencoba, Anda bisa berlangganan satu bulan terlebih dahulu kemudian jika memang penghasilan Anda meningkat, bisa diteruskan untuk bulan berikutnya. Saya sarankan memilih paket pertahun karena akan jauh lebih murah dan mendapatkan bonus saldo iklan.

3. Isi Deskripsi Secara Lengkap

Percuma memiliki foto yang jelas dengan kualitas bagus kalau deskripsi produk jualan Anda tidak ada. Deskripsi sangat penting karena membantu menjelaskan produk Anda. Misalnya bahan terbuat dari apa, ukuran, dan lain-lain. Isi sedetail mungkin supaya pelanggan toko Anda tidak kebingungan.

4. Promosikan Lewat Social Media

Jika produk Anda memiliki pasar orang tua, saya sarankan untuk promosi melalui Facebook atau Whatsapp. Kedua social media tersebut memiliki pengguna yang kebanyakan memiliki umur matang dan memiliki banyak uang, tingkat keinginan membeli barang lebih tinggi dibandingkan dengan anak muda atau bahkan remaja.

Promosikan jualan Anda setiap hari supaya banyak orang yang tahu, semakin banyak orang yang tahu semakin besar peluang mereka akan membelinya.

Baca juga : Cara install dua Whatsapp dalam satu handphone

5. Respon Cepat

Biasanya, ketika seseorang bertanya melalui pesan atau kolom komentar. Mereka sudah mempunya beberapa referensi barang untuk dibeli. Usahakan membalas secepatnya supaya keinginan pelanggan tersebut tersampaikan dan yakin dengan toko Anda karena memiliki respon yang cepat dibandingkan dengan toko lain.

Membalas pesan dengan cepat itu sangat penting, tapi harus membalas dengan sapaan yang ramah, sehingga calon pembeli tersebut merasa diistimewakan.

6. Jaga Nama Baik Toko

Menjaga nama baik toko juga harus diperhatikan. Dengan cara meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mereka akan memberikan review yang bagus terhadap toko online Anda. Jika perlu, berikan bonus kecil sehingga pembeli merasa spesial.

Semoga bermanfaat dan toko online Anda semakin sukses hingga mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah setiap bulannya!
Disqus comments