Cara Mengetahui Windows 10 Asli Atau Bajakan Terbaru - Sering Dicari

14 Agustus 2018

Cara Mengetahui Windows 10 Asli Atau Bajakan Terbaru

Windows adalah salah satu operation system atau perangkat lunak yang banyak digunakan umat manusia di muka bumi ini. Bagaimana tidak, setiap komputer atau laptop yang baru saja kita beli pasti menggunakan windows sebagai perangkat lunak bawaan.

Akan tetapi, windows bawaan tersebut tidak sepenuhnya original atau asli alias bajakan. Terkadang memang ada penjual yang mengatakan bahwa bonus windows original, padahal sebenarnya tidak. Saran saya jangan langsung percaya karena bisa saja Anda dibohongi.

Cara Mengetahui Apakah Windows 10 Asli Original Atau Bajakan Terbaru

Bukan masalah negatif thinking, tidak ada salahnya untuk mengecek sebelum semuanya terlambat dan Anda menyesal setelah datang ke rumah. Maka dari itu, di artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai cara bagaimana mengecek keaslian windows 10 yang Anda pakai.

Namun, sebelum kita melangkah lebih jauh lebih baik kita mengenal windows itu sendiri. Keuntungan apa yang akan kita dapatkan ketika menggunakan windows asli dan bajakan. Berikut penjelasannya:

Karena asli, Anda bisa update windows kapan saja seumur hidup karena original. Keuntungan lain yaitu komputer Anda akan jadi lebih awet karena windows akan membantu memproteksi komputer Anda dari serangan virus dan malwere berbahaya.

Disisi lain, Anda bisa menggunakan banyak fitur dari windows seperti mengganti warna, mengganti background atau latar belakang dan masih banyak lagi. Fitur-fitur inilah yang tidak bisa Anda nikmati ketika menggunakan bajakan.

Sedangkan, ketika kita menggunakan windows palsu, maka komputer Anda tidak bisa di-update dan mengikuti perkembangan terbaru dari windows. Seperti halnya bermain petak umpet, Anda akan selalu dikejar pihak windows supaya membeli original

Selain itu, ketika ada virus menyerang, komputer Anda tidak bisa maksimal menangkal virus-virus tersebut. Kemudian, jelang beberapa waktu komputer Anda akan mengalami bluescreen dan masih banyak lagi kerugian yang akan Anda alami.

Baca juga : Cara merekam layar komputer menggunakan NVDIA Experience

Oke, sekarang bagaimana mengetahui original atau tidak? Caranya tidak sulit, Anda tidak perlu menggunakan softwere tertentu untuk hal ini, cukup menggunakan tool bawaan windows yaitu CMD (Command Prompt). Buka melalui search atau cari di sebelah start.

Setelah Anda memasukkan CMD pada kolom tersebut, tinggal enter dan ketik : slmgr/xpr lalu enter lagi. Apabila windows yang Anda gunakan adalah windows asli, akan muncul keterangan seperti dibawah ini: 

Cara Mengetahui Apakah Windows 10 Asli Original Atau Bajakan Terbaru

Sebenarnya ada beberapa kode yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui secara detail tentang informasi windows 10 yang Anda gunakan. Berikut adalah kode-kode tersebut:

slmgr/xpr : Untuk mengetahui windows asli atau tidak
slmgr/ato : Untuk mengetahui aktivasi windows beserta product key
slmgr/dli : Untuk mengetahui aktivasi windows dan partial product key
slmgr/dlv : Untuk mengetahui secara lengkap dan keseluruhan detail aktivasi windows 10 Anda

Sekarang Anda bisa tahu dengan mudah tentang informasi windows 10 yang Anda miliki atau calon windows yang ada di laptop / komputer yang ingin Anda beli. Sekian cara untuk mencegah dan menghindari resiko tertipu oleh oknum penjual yang bermain curang. Semoga bermanfaat!
Disqus comments