17 Agustus 2018

4 Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai Tepat Waktu

Skripsi atau tugas akhir adalah salah satu hal yang ditakuti oleh beberapa mahasiswa, biasanya banyak mahasiswa yang terjebak dengan skripsi sehingga menghambat proses kelulusan. Mahasiswa tingkat akhir biasanya sudah mulai gugup ketika memasuki semester 7 dan sudah tidak ada mata kuliah lagi, sedangkan skripsi harus diselesaikan saat semester 8.

Beberapa mahasiswa bahkan sampai bertahun-tahun menyelesaikan skripsi, ada juga yang tidak selesai dan memilih untuk DO atau drop out dari universitas, sangat disayangkan. Padahal, skripsi itu sebenarnya mudah sekali. Maka dari itu, kali ini saya ingin berbagi sedikit bagaimana menyelesaikan skripsi supaya lulus tepat waktu.

Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai Tepat Waktu

Sebelum memulai, buang jauh-jauh pemikiran bahwa skripsi itu sulit. Tidak, skripsi itu sangat mudah dan bisa diselesaikan hanya dalam waktu 3 bulan saja.

1. Niat

Semua hal pasti perlu niat, seperti halnya skripsi. Sebelum mengerjakan, setiap mahasiswa harus memiliki niat untuk menyelesaikan. Sangat bagus jika Anda sudah memiliki niat ini dari semester 5, karena dengan niat tersebut Anda akan bersemangat mencari sumber-sumber di perpustakaan, dan mencari cara untuk segera mengetik skripsi.

2. Pilih Dosen Pembimbing

Biasanya, saat memasuki semester 7 Anda diwajibkan untuk memilih dosen pembimbing sesuai dengan keinginan. Momen ini harus dimanfaatkan supaya dosen pembimbing sesuai dengan apa yang kamu harapkan, proses skripsi akan jauh lebih cepat jika tidak salah pilih dosen.

Jika sampai terlambat melampaui jangka waktu yang sudah ditentukan oleh jurusan biasanya Anda akan mendapatkan dosen pembimbing yang dipilih oleh jurusan. Jadi, usahakan pikirkan matang-matang sebelum memilih.

Kebanyakan mahasiswa memiliki kendala saat janjian dengan dosen pembimbing sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses penyelesaian.

3. Dikerjakan, bukan Difikirkan

Banyak sekali mahasiswa yang hanya memikirkan skripsi, bagaimana cara menyelesaikan, membaca tips-tips namun tidak kunjung mengerjakan skripsi tersebut. Saya harap, setelah membaca artikel ini Anda segera mengerjakannya.

Skripsi yang hanya difikirkan namun tidak pernah disentuh, sampai kapanpun tidak akan pernah selesai karena tidak ada robot yang bisa mengerjakan skripsi dengan sendirinya.

4. Memiliki Target

Memiliki target kelulusan juga penting, lho. Anda bisa menulis target apa yang akan Anda lakukan setelah lulus, bukan kapan Anda akan lulus. Dengan begitu, motivasi mengerjakan skripsi jadi lebih banyak. Misalnya saja, setelah lulus Anda akan membuka kedai kopi yang besar, atau menikah, dan masih banyak lagi target-target yang bisa Anda capai.

Dengan begitu, keinginan untuk cepat lulus akan menjadi lebih besar karena ada sesuatu yang menunggu Anda setelahnya. Semoga bermanfaat, selamat mengerjakan!

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...