02 Mei 2018

Tips Lancar Public Speaking dengan Cepat Untuk Pemula

Saat ini, public speaking atau berbicara di depan umum adalah basic dasar untuk pekerjaan apapun. Entah itu karyawan, entrepreneur, atau manager, public speaking sangat dibutuhkan.

Tetapi, tidak semua orang bisa melakukan hal ini karena bagi sebagian orang public speaking hal yang sangat menakutkan. Jangan khawatir,jika pekerjaan anda sekarang memaksa untuk sering berbicara di depan umum, Anda bisa berlatih. Pelan-pelan sampai bisa.

Tips Lancar Public Speaking dengan Cepat

Sedikit tips dari saya, kebetulan saya dulu pernah menjadi stand up comedian beberapa tahun, sehingga sekarang public speaking sudah tidak menjadi masalah besar bagi saja. Pada awalnya memang sangat tertekan ketika orang-orang melihat mata saya dan menunggu apa yang ingin saya bicarakan.

Pertama, kuasai materi yang ingin disampaikan. Kuncinya ada disini, Anda tidak akan bisa berbicara ketika kurang menguasai topik.

Sebelum melakukan public speaking pelajari paling tidak satu hari sebelum acara dimulai. Cari dan tanyakan sesuatu hal yang tidak Anda ketahui. Entah itu untuk keperluan MC, atau presentasi produk, kumpulkan bahan bicara sebanyak-banyaknya sebagai stock.

Mungkin sangat sulit ketika bahan pembicaraan sangat banyak, Anda bisa mensiasati dengan merangkum dan menulis point atau intiya saja. Dengan menguasai materi, saya yakin 95% Anda akan sangat profesional ketika berbicara dihadapan client atau tamu undangan.

Kedua, berlatih intonasi. Beberapa orang ketika berbicara tidak jelas sedang mengucapkan sesuatu. Hal ini disebabkan karena tidak berlatih intonasi. Padahal sangat penting sekali.

Jika Anda ingin menjadi seorang public speaker profesional, usahakan berlatih setiap hari ditambah sebelum melakukan public speaking sebagai pemanasan.

Ucapkan kata A, I, U, E, O berulang-ulang sehingga mulut lebih terbiasa dan tidak kaku. Buka mulut sebelar-lebarnya ketika mengucapkan kata A, begitu dengan hurud vocal yang lainnya.

Ketiga, gunakan gugup seperlunya. Kenapa begitu? Dalam public speaking, gugup tidak boleh dihilangkan.

Disinilah letak keseruannya. Semua orang pasti akan gugup ketika ingin berbicara di tempat umum, profesional sekalipun. Gugup memang harus diminimalisir tetapi tidak boleh dihilangkan.

Biasanya, gugup akan berkurang jika Anda sudah menguasai materi yang ingin disampaikan. Selain itu harus percaya diri karena semua orang akan percaya kepada Anda, bisa puluhan, ratusan, hingga ribuan orang yang mendengarkan. Gugup yang berlebihan akan membuat Anda terlihat tidak profesional dan terlihat lucu.

Tapi, jangan sampai menghilangkan rasa gugup tersebut karena dengan Anda gugup, biasanya akan dapat mengontrol tutur kata dan menjaga emosi supaya tetap berhati-hati dalam berbicara.

Keempat, pandangan mata harus tetap dijaga. Usahakan tatap mata audience supaya mereka tetap fokus mendengarkan apa yang Anda bicarakan.

Jika Anda selalu menatap atas atau bawah, kemungkinan besar mereka tidak akan mendengarkan dan ribut sendiri. Dengan menjaga kontak mata Anda dan peserta akan memiliki koneksi sehingga suasana akan tetap kondusif.

Biasanya, untuk yang belum sering melakukan public speaking akan merasa takut ketika menatap mata langsung, Anda bisa mensiasati dengan melihat dahi peserta, dengan begitu rasa takut akan berkurang.

Selebihnya hanya perlu jam terbang saja, untuk berlatih mulailah berbicara di depan kelompok kecil, teman mengerkajan tugas kuliah atau teman kantor. Berlatih menjadi kunci utama dalam berbicara depan umum. Semakin sering berlatih, Anda akan mengerti kekurangan, jangan lupa dicatat untuk memperbaiki. Semoga berhasil! Baca juga : Cara mendapatkan uang banyak dari hobi

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.
EmoticonEmoticon