20 Mei 2018

4 Tips Agar Puasa Ramadan Lancar & Tidak Lemas

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Seperti yang kita ketahui, puasa adalah ibadah wajib yang harus dilakukan bagi umat Muslim yang tidak memiliki halangan, untuk menjalaninya terkadang banyak sekali godaan - godaan yang harus dilalui, yang paling utama yaitu lapar dan haus.

Tips Agar Puasa Lancar & Tidak Lemas
Image source : Google Images

Jangan khawatir, ada tips untuk tetap bugar dan tidak lemas saat berpuasa satu hari penuh selama Ramadhan. Kali ini, saya akan berbagi sedikit tips untuk Anda semuanya menurut pengalaman pribadi dan berbagai sumber.

1.Minum air putih cukup

Badan kita memiliki jumlah air yang banyak sekali, bahkan lebih dari 60%. Hal paling mempengaruhi dalam kesehatan dan kebugaran saat berpuasa yaitu minum cukup air putih.

Bisa dicicil, misalnya 1 gelas saat berbuka puasa sebelum dan sesudah makan, 1 gelas setelah Isya’, 1 gelas sebelum tidur, 2 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas sebelum dan sesudah makan sahur. Dari sini Anda sudah minum 8 gelas satu hari, tentu sangat baik jika lebih.

Memiliki air dalam tubuh akan membuat Anda tidak kehauasan selama berpuasa, selama aktifitas tidak terlalu berat seperti lari, atau mengangkat beban berat.

2. Tidur cukup

Idealnya, waktu yang dibutuhkan untuk tidur yaitu 8 jam perhari untuk mengistirahatkan tubuh. Saat berpuasa, Anda akan mendapatkan pahala ketika tidur, karena lebih baik jika waktu Anda terbangun justru berbuat dosa seperti membocarakan orang lain, atau melihat sesuatu yang tidak pantas.

Tapi, tidur mendapatkan pahala bukan berarti satu hari penuh. Saat siang hari, Anda bisa tidur selama 2 jam, setelah itu bisa melanjutkan kembali aktifitas produktif seperti bekerja, memembuat karya seni, dan lain sebagainya.

3.Melakukan aktifitas seperlunya

Point disini bukan malah melakukan hal yang bermalas-malasan, yang saya maksud seperlunya yaitu tidak berlebihan dalam menyelesaikan sesuatu.

Misalnya, jika biasanya Anda tidak berlari, maka jangan berlari kalau memang tidak perlu. Melakukan aktifitas seperlunya untuk menghemat energi selama berpuasa sangat penting untuk menjaga tubuh tetap kuat.

4.Olar Raga

Anda bisa melakukan olah raga sebelum berbuka puasa atau setelah sholat tarawih. Olah raga akan membuat badan tetap segar dan tidak cepat merasa capek ketika bekerja di siang hari.

Beberapa olah raga bisa Anda coba seperti berlari, fitness, atau hanya sekedar pemanasan kecil yang bertujuan untuk menjaga badan selalu bergerak dan melatih otot supaya tidak lemas.

Nah, sekarang jadi tahu kan supaya tetap segar saat berpuasa? Adakah tips lain? Tulis di kolom komentar, ya! Baca juga : Do'a puasa Ramadan dan Artinya

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...