23 Mei 2018

3 Tips Penting Memilih Kura-Kura Brazil Saat Membeli

Memelihara hewan peliharaan bagi sebagian orang adalah hobi tersendiri, selain itu juga diyakini bisa menghilangkan stres karena hewan mampu menjadi teman saat sedang banyak fikiran atau kesepian.

Salah satu peliharaan yang tidak kalah populer yaitu memelihara kura-kura Brazil. Kura-kura mungil yang lucu ini bisa sangat mudah ditemukan di pasar hewan, harganya juga cukup terjangkau.

3 Tips Penting Memilih Kura-Kura Brazil Saat Membeli
Sumber gambar : tekoneko.net

Bagi Anda yang ingin memelihara tetapi tidak tahu bagaimana cara memilihnya ketika membeli, saya ada beberapa tips yang ingin saya bagikan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum membeli karena jika tidak kura-kura justru akan mati setelah dibawa ke rumah, sangat sayang bukan?

Pertama, ketika Anda berkunjung ke pasar atau toko hewan, kura-kura pasti ditaruh dalam satu tempat dan bergerombol, dari sekian banyak pilihlah kura-kura yang tenggelam di dasar air. Jangan yang sedang mengapung.

Kura-kura yang sehat akan tenggelam ke dalam air cukup lama karena jenis ini tergolong dan dikategorikan sebagai kura-kura air. Memang kadang-kadang mereka berada di daratan, tapi tidak lama.

Biasanya, ada penjual yang tidak memberi air yang banyak sehingga tidak bisa dilihat. Saran saya untuk pindah dan mencari penjual yang lain karena mengetahui apakah kura-kura tenggelam atau tidak juga menjadi hal yang krusial.

Kedua, setelah itu perhatikan beberapa menit apakah kura-kura tersebut lincah berlarian dan berenang kesana dan kemari. Biasanya memang kelincahan menjadi faktor penentu apakah kura-kura Brazil yang ingin Anda beli sehat atau tidak.

Jangan sekali-kali memilih yang hanya diam, tidak bergerak, bisa dipastikan kura-kura sedang sakit atau ada masalah lainnya.

Ketiga, ambil kura-kura menggunakan tangan Anda, jika takut Anda bisa meminta tolong penjual untuk mengambilkan. Perhatikan dengan teliti mulai dari cangkang, jari-jari, hingga ekor. Pastikan bagian tubuh lengkap dan tidak ada luka atau sedikitpun.

Mempunyai kura-kura yang memiliki body mulus tentu sangat menyenangkan, ketika sudah besar pun akan enak dilihat dan jika ingin dijual lagi harganya akan mahal.

Jika hal-hal diatas tidak bisa Anda lakukan atau ketahui saat membeli, misalnya saja kura-kura berada di kantong plastik sehingga tidak bisa mengecek lebih detail sebaiknya untuk tidak memaksakan membeli. Baca juga : Penyebab lovebird / kenari tidak cepat bertelur

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.
EmoticonEmoticon