20 April 2018

Kelebihan & Kekurangan Blog Gado-Gado

Seperti blog yang saya rawat dari tahun 2014 ini, blog yang selalu Anda baca untuk mencari informasi sering dicari oleh kebanyakan orang. Yup, blog gado-gado adalah blog yang memiliki banyak informasi di dalamnya, tidak membahas tentang satu topoik saja dan bukan tentang makanan gado-gado yang sangat enak disiram dengan saus kacang. Eh..

Pada awalnya, saya membuat blog ini bertujuan untuk sharing tentang apa saja yang ingin saya bagikan. Sempat berfikir untuk memilih satu tema saja, namun sepertinya kurang pas dalam hidup saya. Penuh perjuangan untuk menjalankan blog ini, apalagi tidak ada satu orang pun yang membantu. Benar, dari awal hingga detik ini saya merawat blog Sering Dicari tanpa campur tangan orang lain.

Kelebihan dan Kekurangan BLOG GADO GADO

Dari situ, saya sangat tahu apa saja sih suka duka memiliki blog gado-gado? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Buat Anda yang ingin membuat blog dengan tema yang sama, sangat tepat sekali jika Anda sekarang membaca postingan ini. Sebelumnya, mari kita mulai dengan kelebihan blog gado-gado:

1. Lebih Bebas

Memiliki blog gado-gado tentu saja lebih bebas untuk menuangkan segala ide yang ada di kepala, tanpa harus berfikir tentang tema blog yang sedang dimiliki. Inilah point yang paling saya sukai, sesuai dengan pengalaman saya, saya ingin selalu berbagi informasi yang saya ketahui mulai dari A sampai Z. Jadi bisa lebih bebas untuk update blog secara rutin.

Yup, sharing adalah alasan pertama saya membuat blog gado-gado Sering Dicari. Perlu diketahui, blog gado-gado bukan semata - mata untuk mencari traffic saja, jika Anda ingin memulai hal yang sama, lebih baik pastikan dulu Anda menguasai dan benar-benar mengetahui apa yang akan Anda bagikan kepada Netizen.

2. Views Lebih Melimpah

Jika dibandingkan dengan blog bertema khusus, blog gado-gado bisa menarik pengunjung lebih banyak. Karena di dalam blog ada banyak sekali informasi yang tersedia, orang pun juga datang dari berbagai macam sumber yang mereka ingin ketahui. Apalagi jika Anda memiliki ribuan artikel yang berbeda.

3. Ide Tidak Terbatas

Tidak jauh dengan point nomor satu, ada banyak sekali ide yang didapatkan ketika memiliki blog gado-gado. Di dunia ini, kita bisa menulis artikel tentang satwa, tumbuhan, obat, dan masih banyak lagi.

Bisa dibayangkan, jika Anda benar-benar jeli dengan hal ini, berapa konten yang bisa blog Anda miliki?

4. Rutin, Cepat, dan Konsisten

Karena ide yang tidak terbatas, hal ini berdampah pada konsisten update artikel secara rutin dan cepat. Dibandingkan dengan blog makanan yang harus pergi mencari restoran, kemudian menulis artikel. Terkadang harga menu yang mahal membatasi untuk mencari konten secara rutin.

Berbeda dengan blog gado-gado, cukup dengan membawa kamera keluar rumah dan mem-foto pohon kepala, kita bisa menulis banyak informasi mengenai pohon kelapa tersebut mulai dari khasiat buah kelapa, manfaat pohon, dan masih banyak lagi.

Semua kelebihan pasti tidak luput dengan kekurangan, sekarang mari kita bahas tentang kelemahan blog gado-gado;

1. Pengunjung Tidak Setia

Blog gado-gado biasanya memiliki pengunjung yang tidak setia, walaupun sangat banyak, mereka hanya mencari apa yang dibutuhkan, lalu pergi tanpa mengingat nama blog tersebut. Hal ini mengakibatkan branding menjadi kurang dan agak sulit.

Berbeda dengan blog yang bertemakan khusus mengenai satu topik saja. Pengunjung biasa penasaran dengan penulisnya, ketika pengunjung mencari hal yang sama, bisa ditemukan pula di tempat yang sama juga.

2. Iklan Mandiri Tidak Banyak

Pengunjung banyak terkadang membuat pengiklan berfikir dua kali, karena meskipun banyak pembaca, blog gado-gado belum tentu memiliki target pasar  yang sama dengan suatu produk. Maka dari itu, sedikit sulit jika ingin mencari klien untuk measang iklan mandiri.

Tips : Walapun gado-gado, usahakan tetap memiliki tema yang lebih besar. Anda bisa memilih wisata sebagai topik utama, atau hal yang lainnya.

3. Berantakan

Berbeda dengan blog yang membahas tentang satu hal saja, blog akan sangat rapi dengan tampilah thumbnail dan gambar yang satu topik saja. Tetapi, karena membahas tentang berbagai macam hal, blog gado-gado terkesan berantakan. 

Misal saja, Anda hari ini menulis artikel tentang otomotif, hari selanjutnya tentang makanan atau wisata. Jika dilihat, kedua gambar dari tulisan yang anda tulis akan sangat tidak nyambung dan terkesan kurang rapi.

So, sekarang tahu kan apa saja kelebihan dan kekurangannya? Baca juga : Perpanjang blog Anda jika tidak ingin hal ini terjadi.

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.
EmoticonEmoticon