12 April 2018

HTTPS Kini Tersedia di Blog Mandiri (Blogger)

Untuk yang belum tahu, saat ini semua blogger telah pindah dari http menuju https karena dengan perubahan ini situs atau blog akan menjadi lebih aman dari spam atau iklan yang tidak diinginkan, karena http mudah untuk disisipi oleh orang yang berniat untuk memanfaatkan situs kita sebagai tempat promosi gratis atau keperluan lainnya, tentunya hal ini tidak diinginkan oleh semua blogger.

HTTPS Blogger Kini Tersedia di Blogger

Klik gambar untuk memperbesar

Sore hari ketika saya login di blog kesayangan saya satu ini, ada pemberitahuan kecil di atas postingan yang menginformasikan kini blogger memberikan fitur untuk merubah menjadi https. Tidak pikir panjang, saya langsung menggantinya. Jika teman-teman tidak memiliki pemberitahuan ini, bisa juga untuk mengantinya secara manual. 

Masuk ke blogger, kemudian pilih Setelan. Setelah itu masuk ke Dasar, disini teman-teman akan bertemu dengan pilihan seperti pada gambar di atas.

Ketersediaan HTTPS ganti menjadi "Ya" selanjutnya blog kamu akan otomatis berubah menjadi https. Namun tidak langsung begitu saja, pihak blogger akan memeriksa, hal ini membutuhkan waktu beberapa saat disarankan untuk mengeceknya beberapa jam setelah perubahan.

Setelah pemeriksaan selesai, kamu juga bisa mengatus apakah ingin menggunakan HTTPS ketika pengunjung membuka blog atau tidak, tergantung keinginan kamu. Saran saya untuk mengaktifkannya karena blog akan menjadi lebih aman. Walaupun tidak 100%, paling tidak untuk saat ini bisa dibilang tingkat keamanan lebih baik daripada http biasa.

Selain itu, keuntungan mengubah menjadi https yaitu blog kamu akan menajadi lebih profesional dan terpercaya. Biasanya, pengunjung blog secara tidak langsung akan melihat link, ketika blog kamu telah berganti, link tersebut akan berubah juga menjadi warna hijau dan icon gembok pada pojok kiri atas.

Biasanya memang blog atau website besar menggunakan https. Keren, kan? Namun kepercayaan ini harus tetap dijaga dengan update artikel bermanfaat setiap saat untuk pembaca setia. 

Disisi lain, pergantian menggunakan https akan lebih ramah di pencarian search engine, lho. Walaupun masih tetap diperlukan teknik SEO yang lain, namun setidaknya dengan menggunakan https blog kamu akan lebih dipercaya juga oleh mesin pencari khususnya Google.

So, sudahkan kamu menggantinya? Jika belum, yuk diganti sekarang! Baca juga : Perpanjang Domain Blog Jika Tidak Ingin Hal ini Terjadi

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.
EmoticonEmoticon