22 April 2018

Cara Mudah Memasak Nasi Jagung Empok

Nasi jagung atau yang biasa disebut sengan sego empok mengingatkan kita semua pada masa lalu. Sekarang ini, tidak banyak yang menjual nasi jagung seperti dulu. Bahkan, ibu kita saja sudah karang memasaknya.

Cara Mudah Memasak Nasi Jagung Empok

Jika Anda ingin bernostalgia, Anda bisa memasak sendiri dengan membeli jagung yang sudah siap masak di pasar.

Selain hanya untuk bernostalgia saja, nasi jagung memiki banyak manfaat dibandingkan dengan nasi beras. Kamu bisa mencampur keduanya atau dipisah, tergantung selera.

Sebenarnya cara membuat sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut :

1. Cuci nasi jagung dengan air normal hingga bersih, untuk takaran nasi tergantung kebutuhan.
2. Rendam dengan air panas 10 menit, setelah direndam nasi jagung akan mengembang.
3. Kukus nasi di panci menggunakan air mendidih. Panci kukus biasanya sudah satu paket dengan pemisah antara air dengan kukusan. Jika tidak punya, kamu bisa memisahnya dengan saringan santan untuk mengakalinya. Kukus selama 10 menit, jika sudah lunak berarti nasi siap disantap.

Jika tidak ingin repot, bisa dimasak menggunakan rice cooker dengan jumlah air satu ruas jari lebih banyak, tunggu hingga nasi matang. Tapi, biasanya nasi akan menjadi lembek karena proses mendidih yang sangat panas.

Nasi jagung biasanya disantap menggunakan ikan tongkol atau masakan kuah sejenis, sangat mantap ketika masih hangat.

Sangat mudah kan? Tanpa skill memasak pun semua orang bisa membuat nasi jagung. Baca juga : Nana Banana Pisang Nugget Malang

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...