Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt Google Adsense Terbaru - Sering Dicari

08 Maret 2018

Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt Google Adsense Terbaru

Setelah saya lupa membayar tagihan blog kemarin selama satu Minggu, tentu ada banyak masalah yang datang. Salah satunya ketika saya membuka akun Google Adsense, pada tampilan utama sangat jelas mengatakan bahwa pendapatan Adsense saya akan bermasalah jika tidak mengubah Ads.txt. 

Hmmm.. Saya belum pernah mendengar sebelumnya. Buat yang belum tahu, apa sih sebenarnya Ads.txt itu?
---
Authorized Digital Sellers, atau ads.txt merupakan inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt Anda sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Penggunaan ads.txt tidak wajib, namun direkomendasikan. File ads.txt dapat membantu pembeli mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang pada kasus lain mungkin mengarah ke inventaris palsu.

Source : Support Google Adsense
---

Jangan panik, hal yang harus dilakukan yaitu merubah dan mengatasi secepatnya sesuai dengan kode Google Adsense yang kita miliki.

Cara Mengatasi Peringatan Ads txt Google Adsense

1. Pertama-tama, masuk ke dalam Google Adsense dan pilih action. Akan muncul kode seperti yang sudah saya blog berwarna merah pada gambar diatas. Copy kode tersebut karena akan dimasukkan ke dalam blogger.

2. Masuk ke blogger dan cari Setelah - Preferensi Penelusuran 

3. Pada halaman paling bawah terdapat monetisasi, karena belum diaktifkan maka kamu bisa mengaktifkan dan paste kode yang sudah di copy pada Google Adsense di kolom tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Mengatasi Peringatan Ads txt Google Adsense Terbaru

Simpan perubahan jika sudah selesai. Untuk mengecek, kamu bisa membuka di domainkamu.com/ads.txt. Kalau kode sudah sesuai, maka sudah berhasil.

Menurut pengalaman saya pribadi, selama muncul peringatan memang penghasilan saya tidak seperti biasanya. Namun setelah diganti, penghasilan berjalan seperti biasanya. 

Terima kasih sudah membaca postingan kali ini, semoga bermanfaat dan masalah kamu segera teratasi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, baca juga : Cara mengatasi Google Publisher Toolbar bermasalah
Disqus comments