Yang Harus Disiapkan Sebelum Pergi ke Luar Negeri - Sering Dicari

14 Januari 2018

Yang Harus Disiapkan Sebelum Pergi ke Luar Negeri

Traveling keluar negeri pastinya sudah menjadi impian bagi semua orang, banyak keindahan alam dan juga perkotaan yang tidak kalah bagus dengan Indonesia. Tidak hanya liburan saja, bekerja pun juga begitu. Banyak peluang besar yang bisa kita dapatkan ketika kita pergi ke luar negeri, bayarannya pun bisa dibilang lebih dari cukup. Sebenarnya, pergi keluar negeri gampang nggak sih? Hmm.. Mari kita bahas di artikel ini.

Memang, pergi keluar negeri tidak bisa sembarangan seperti pergi dari satu pulau ke pulau lainnya yang ada di Indonesia. Supaya tidak kebingunan, cocok sekali jika kamu mencari referensi terlebih dahulu. Nah, apa saja sih yang harus disiapkan sebelum pergi ke luar negeri?

Yang Harus Disiapkan Sebelum Pergi ke Luar Negeri

1. Paspor / Visa

Hal yang wajib kamu miliki sebelum pergi ke luar negeri yaitu paspor. Beberapa negara di Asia tidak perlu menggunakan tambahan visa, namun yang lainnya kamu harus memiliki paspor dan visa.

Paspor wajib dimiliki ketika hendak pergi ke luar negeri karena sebagai ijin meninggalkan dan berkunjung ke negara yang berbeda. Setiap negara punya ketentuan tersendiri, kamu bisa membaca tersebih dahulu apa saja persyaratan yang kamu harus miliki dan lain sebagainya.

2. Uang cukup

Beberapa negara, seperti yang saya tahu, di Eropa misalnya. Kamu harus mempunyai keuangan yang cukup dan bisa ditunjukkan kepada petugas imigrasi. Jika tidak, kamu tidak boleh berkunjung ke suatu negara karena kekurangan uang.

Hal ini dikarenakan saking banyaknya orang berdatangan karena alasan-alasan yang terkadang justru membuat kerugian negara, maka dari itu harus dipastikan uang kamu cukup dan mempunyai tabungan yang lebih.

3. Tujuan

Walaupun ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dll. Kamu harus mempunyai alasan yang jelas, banyaknya pekerja ilegal membuat tujuan ini penting karena jika alasan kamu pergi tidak jelas, kamu tidak akan diperbolehkan berkunjung ke suatu negara.

4.Bahasa

Bahasa juga menjadi syarat penting untuk berkunjung ke luar negeri. Walaupun kamu tidak sangat pintar berbahasa Inggris atau sesuai negara yang ingin kamu tuju, setidaknya kamu bisa berbicara basic seperti "How much? Where I can buy food?" dan kata-kata umum lainnya.

5. Obat

Untuk keperluan jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya kamu membawa obat-obatan dari Indonesia. Yang jelas jangan obat-obatan terlarang karena pasti tidak boleh. Jika tiba-tiba kamu sakit, obat yang kamu bawa akan sedikit membantu dan setelah itu kamu bisa pergi ke rumah sakit terdekat.

6. Tukar uang

Menukarkan uang secukupnya juga jangan sampai terlewatkan karena di negara yang ingin kamu tuju belum tentu tau pasti dimanakah bisa menukarkan uang. Yap, walaupun di bandara ada penukaran uang, akan lebih praktis jika kamu lakukan di Indonesia sebelum tanggal keberangkatan.

7. Asuransi

Asuransi ini juga penting untuk berjaga-jaga, karena biasanya tarif rumah sakit akan lebih mahal jika kamu tidak memiliki asuransi. Terlebih jika kamu seorang backpacker, asuransi sangat direkomendasikan untuk kamu, kecuali kalau kamu memang mempunyai banyak uang lebih untuk membayar rumah sakit dan biaya darurat lainya.

***

Sekarang jadi tahu kan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke luar negeri? Jika ada hal lain yang ditambahkan kamu bisa memberikan masukan tambahan dengan komen dibawah.

Terima kasih sudah membaca postingan kali ini, semoga bermanfaat dan liburan atau urusan lain yang ada di luar negeri kamu menyenangkan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, baca juga : Syarat membuat paspor online terbaru
Disqus comments