Tips Memilih Durian Matang yang Paling Enak - Sering Dicari

12 Januari 2018

Tips Memilih Durian Matang yang Paling Enak

Durian adalah salah satu buah yang bisa dibilang tidak semua negara mempunyainya, karena durian hanya bisa tumbuh pada iklim tertentu saja. Sebagai buah yang musiman, durian bisa ditemukan di Indonesia satu tahun sekali, biasanya pada bulan Oktober hingga Februari.

Pada musim durian, tidak sedikit juga orang yang menjual buah termahal ini di pinggir jalan. Harganya berfariasi, tergantung besar dan jenis buah durian tersebut. Namun, terkadang tidak sedikit juga pedagang yang nakal, mereka menjual buah durian yang tidak matang dan terasa pahit.

Cara Memilih Durian Enak Matang Siap Makan Musim Montong Harga Jenis

Di postingan kali ini, saya ingin berbagi sedikit tips bagaimana cara memilih durian yang matang dan mempunyai rasa yang enak. Tentu saja kita semua akan merasa dirugikan jika buah yang kita beli ternyata tidak siap untuk dimakan, untuk menghindari hal tesebut, yuk simak tips berikut ini.

1. Aroma

Hal yang paling mudah dan dasar untuk diketahui yaitu aroma dari buah durian tersebut. Buah durian yang sudah matang, biasanya memiliki aroma yang sangat kuat walaupun kulitnya tidak terbuka. Untuk meyakinkan kembali, kamu bisa mengiris sedikit tangkai yang masih menempel pada buah. 

2. Hindari yang sudah terbuka

Konon katanya, durian yang tua dan matang memiliki kulit yang terbuka. Namun jangan salah, durian yang sudah terbuka kulitnya justru mempunyai rasa yang hambar karena kandungan gas didalamnya sudah menguap. So, pilihlah durian yang masih tertutup dengan rapat.

3. Bentuk

Jika diperhatikan lagi, sebenarnya kita juga memilih durian dari bentuknya lho. Durian yang bulat biasanya memiliki daging yang lebih tebal dibandingkan dengan lonjong.

4. Berat

Setelah itu, rasakan berat dari durian tersebut, jika durian yang kamu pegang ringan, itu tandanya memiliki daging yang lebih tebal. Jangan tertipu lagi dengan hal ini, memilih durian berat karena pingin daging yang tebal, eh ternyata tipis.

5. Diketuk-ketuk

Eits.. Dipastikan jangan mengetuk pakai tangan karena tangan kamu bisa berdarah hehe. Kamu bisa menggunakan pisau milih penjual, jika durian yang ingin kamu beli berbunyi nyaring ketika diketuk, bisa dipastikan durian tersebut belum matang.

***

Sekarang tahu kan teknik dasar memilih durian yang bagus dan mempunyai kulit yang tebal bagaimana? Sebagai tips tambahan, carilah durian di musim kemarau karena biasanya rasanya lebih mantap.

Terima kasih sudah membaca postingan kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga : Cara mendapatkan uang banyak dari hobi kita?
Disqus comments