13 Desember 2017

Cara Terbaru Memasang Kode Google Analytics di Blog

Banyak website yang bisa melacak jumlah traffic blog kamu yang bisa dipakai untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang datang setiap hari. Namun, dari banyaknya pelacak website pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan, salah satu kekurangan yang mereka miliki yaitu ketidak akuratan jumlah pengunjung real time pada saat itu juga.

Cara Terbaru Memasang Kode Google Analytics di Blog

Google Analytics adalah salah satu pelacak traffic blog milik Google yang bisa dibilang wajib tidak wajib untuk dipasang pada blog, disisi lain tidak ada salahnya untuk menggunakannya karena milik Google dan blog yang kita pakai menggunakan blogspot. Terkadang juga pemasang iklan ingin melihat banyaknya pengunjung dari Google Analytics.

Jika dibandingkan pelacak traffic satu dengan yang lain memang berbeda jumlahnya, tergantung selera kamu ingin memakai yang mana. Di postingan ini saya ingin berbagi bagaimana cara memasang script Google Analytics pada blog melalui dua cara yang bisa kamu coba.

Sebelum memasang, dipastikan kamu sudah mendaftar akun dan siap memasangnya, untuk menemukan kode Google Analytics, masuk ke dalam akun dan cari Admin.

Kemudian akan bertemu dengan Akun, Properti, dan Tampilan. Pilih Properti > Info Pelacakan > Kode Pelacakan. Disini kamu akan menemukan dua kode yang berbeda, pertama dengan kode yang awalannya AU- dan kedua script HTML yang berawalan <script async src=....</script>.

Cara Pertama Menggunakan AU-

1. Copy kode tersebut dan masuk ke dalam blog kamu.

2. Pada dashboard sebelah kiri, scroll kebawah dan pilih Setelan > Lainnya.

3. Kemudian masukkan kode AU- pada kolom ID Properti Web Analytics. Simpan dan selesai!

Cara Kedua Menggunakan Script HTML

1. Copy kode script HTML pada info pelacakan Google Analytics dan masuk ke dalam blog kamu.

2. Pada dashboard sebelah kiri, scroll kebawah dan pilih Tema > Edit HTML.

3. Cari kode </head> pada HTML kamu menggunakan Ctrl + F dan paste tepat diatasnya. Simpan dan selesai!

***

Google Analytics tidak bisa sekaligus melacak blog kamu, mereka membutuhkan waktu minimal 24 jam untuk mengetahui jumlah traffic blog yang kamu kelola. 

Keuntungan menggunakan Google Analytics menurut pengalaman saya pribadi, Google selalu memberikan tips dan trik melalui email (jika kamu berlangganan) setiap ada perkembangan baru mengenaik pelacakan situs. Dari situ saya bisa belajar bagaimana mengelola blog yang baik dan benar, serta mengerti perkembangan lalu lintas pengunjung secara berkala.

Semoga postingan kali ini bermanfaat, terima kasih sudah membaca, sampai jumpa! Baca juga : Cara mendapatkan pengunjung organik 100%

Sering dicari - adalah blog yang berisi tentang segala informasi yang kamu cari, mulai dari tutorial, tips, alam, dan masih banyak lagi...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.
EmoticonEmoticon