17 Desember 2017

Tips Belajar Menyetir Mobil dengan Mudah

Belajar menyetir untuk yang belum pernah sama sekali memang terlihat sangat sulit dan membingungkan, yup, karena menyetir mobil membutuhkan konsentrasi dan kesabaran. Namun, menyetir mobil juga tidak sesulit yang dibayangkan, asal tenang dan fokus.

Cara mudah belajar menyetir mobil supaya profesional

Menyetir mobil sama halnya dengan menyetir sepeda motor dengan kopling, tidak beda jauh cara mengoperasikan, hanya berbeda ruang dan besarnya kendaraan yang kita kendarai. Pada postingan ini, sering dicari akan berbagi sedikit tips bagaimana cara belajar menyetir mobil untuk kamu yang baru saja belajar.

1. Didampingi Profesional

Jika kamu benar-benar baru saja menyetir pertama kali, sangat dianjurkan untuk didampingi oleh profesional. Entah itu orang tua, paman, atau tetangga yang bisa menyetir mobil. Hal ini bertujuan untuk membantu segala macam bentuk teknis yang harus dilakukan dan aba-aba.

Profesinal akan membimbing kamu untuk mengerem, meminjak gas, dan kopling. Tentu akan sangat berbahaya jika pertama kali langsung sendiri.

2. Hafal Perseneleng / Transisi

Pertama-tama, sebelum mobil berjalan alangkah baiknya kamu menghafal gigi satu, hingga lima. Hal ini bertujuan untuk fokus ketika belajar nanti, kamu tidak akan menengok ke bawah ketika menyetir ketika sudah hafal dengan perseneleng atau transisi mobil kamu.

Berbeda dengan mobil matic, mobil manual lebih ribet dan harus benar-benar matang untuk belajar.

3. Belajar ke Jalan

Dipastikan teman-teman akan belajar di lapangan atau tanah yang luas menyetir mobil, namun jangan lupa untuk belajar menyetir mobil langsung ke jalan raya. Hal ini akan melatih kamu untuk mengerti aba-aba, bagaimana cara menghindari mobil, masalah-masalah yang biasa dihadapi oleh driver mobil dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu akan mahir dalam berkendara dibandingnkan berlatih terus di lapangan.

4. Jangan Panik

Ketika belajar langsung ke jalan raya, pasti banyak sekali rintangan yang akan kamu hadapi. Misalnya, sepeda motor kebut-kebutan, klakson yang akan otomatis berbunyi ketika kamu berhenti tiba-tiba atau menghadapi trouble di jalan. Namun, dipastinkan kamu harus tetap tenang dan jangan sampai panik, jika hal ini terjadi, kamu justru akan semakin bingung. So. tenang adalah kunci utama dalam berkendara.

5. Konsentrasi

Selain itu, konsentrasi juga sangat dibutuhkan dalam berkendara, khususnya mobil. Meskipun transisi berada di bawah, dan sesekali melihat kaca spion untuk melihat kendaraan yang berada di belakang atau samping, berkonsentrasi harus selalu dilakukan.

Fokus pandangan kedepan kaca mobil lebih penting karena apapun bisa saja terjadi dengan tiba-tiba, entah itu orang lewat, atau berhenti mendadak. Maka dari itu, konsentrasi dalam berkendara harus selalu dilakukan.

***

Selalu berhati-hati ketika berkendara, semoga selamat sampai tujuan dan kamu segera mahir. Menyetir mobil juga membutuhkan jam terbang, pelan-pelan akan mengerti sela untuk menjadi sopir profesional.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga : Cara mendapatkan uang banyak dari hobi


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Tips Belajar Menyetir Mobil dengan Mudah

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.