02 December 2017

Apa Sih Suka Duka Mahasiswa Ilmu Komunikasi?

Seringdicari.com - Setiap jurusan sebenarnya punya suka duka ketika menjalani belajar di kampus selama kurang lebih 4 tahun, di postingan ini saya ingin berbagi informasi tentang apa sih suka duka mahasiswa ilmu komunikasi? Kebetulan saya mahasiswa ikom, jadi sangat tepat sekali.

Sebenarnya mahasiswa Ilmu Komunikasi itu tidak banyak dukanya, justru lebih banyak suka. Namun jangan salah, jika kita menjalani dengan sudut pandang yang berbeda pasti semuanya akan terasa menjadi duka. Yang jelas, jangan kawatir karena jika dinilai keseluruhan, menjadi mahasiswa ilmu komunikasi sangat menyenangkan. Okay langsung saja kita mulai!

  • Suka

1. Mahasiwa cantik

Apa Sih Suka Duka Mahasiswa Ilmu Komunikasi?

Untuk kamu yang cowok, sangat tepat sekali jika memilih komunikasi untuk mencari pasangan hidup, karena mahasiswa ilmu komunikasi kebanyakan cantik. Selain itu mereka juga memiliki sifat yang easy going dan tidak jaga image.

Karena keterbukaan mahasiswa ilmu komunikasi dengan orang baru (kebanyakan), kamu akan mempunyai kesempatan untuk mengenal cewek-cewek cantik di jurusan satu ini.

2. Pelajaran mudah

Jika dibandingkan dengan jurusan lain, ilmu komunikasi bisa dibilang jurusan yang mempunyai mata pelajaran yang mudah dipahami, kamu tidak harus banyak menghitung, walaupun ada beberapa pelajaran yang membutuhkan skill menghitung, namun jangan kawatir, mata pelajaran ini hanya satu semester saja.

3. Peluang kerja

Setelah lulus sebagai mahasiswa ilmu komunikasi kamu tidak perlu kawatir untuk mencari pekerjaan, karena jurusan ini bisa dibilang cocok untuk semua pekerjaan mulai dari marketing, vidiografer, jurnalis, dan masih banyak lagi.

Namun, jangan lupa untuk serius ketika menjalani proses belajar karena jika tidak ujungnya akan sama saja.

3. Dosen kekinian

Kebanyakan, dosen ilmu komunikasi memiliki jiwa yang muda dan melek teknologi, kamu bisa menghubungi lewat Whatsapp, bahkan bisa nongkrong bareng. Dosen-dosen ilmu komunikasi sangat terbuka dengan mahasiswa untuk bertanya dan bergaul.

Meskipun beliau sangat ramah kepada mahasiswa, yang terpenting jangan sampai kelewatan batas ketika sudah kenal dekat dengan dosen, karena bagaimanapun juga beliau adalah guru yang harus dihormati.

  • Duka


1. Telat lulus

Saking mudah dan santai jurusan ilmu komunikasi, kebanyakan mahasiswa terlalu larut di dalam zona nyaman mereka, sehingga lulus yang seharusnya 4 tahun bisa jadi lebih. Disinilah hal yang harus kamu waspadai, jangan sampai ikut-ikutan teman, komitmen dari awal untuk mencapai target lulus yang ideal.

2. Budget

Jurusan ilmu komunikasi juga termasuk salah satu jurusan yang mahal biaya uang gedungnya, selain itu ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan kamu untuk iuran kelompok untuk praktek seperti membuat film, majalah, hingga event.

Jadi, usahakan menyisihkan uang jajan kamu untuk keperluan mata kuliah dan membantu pengeluaran orang tua kamu. 

***

Nah, itu tadi suka duka mahasiswa ilmu komunikasi, jika dibandingkan memang lebih banyak suka daripada duka. Artikel ini berasal dari pengalaman saya pribadi, mungkin ada beberapa hal yang lain dari sudut pandang teman-teman. Jika kamu ingin memilih jurusan ini, selamat mencoba pengalaman yang seru.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga : Lapangan kerja Ilmu Komunikasi