02 December 2017

Apa sih yang Dipelajari Mahasiswa Ilmu Komunikasi?

Seringdicari.com - Jurusan ilmu komunikasi memang menjadi jurusan yang paling ngetren untuk saat ini, terutama untuk anak muda yang memiliki jiwa seni yang sangat tinggi, jurusan ini cocok untuk mengejar passion dan hobi.

Namun tidak sedikit juga yang tidak mengetahui apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa ikom, terutama untuk kalian yang baru saja lulus dari SMA dan disarankan untuk meilih jurusan ini. Jangan kawatir, jurusan ilmu komunikasi sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja di dunia entertaint.

Apa sih yang Dipelajari Mahasiswa Ilmu Komunikasi?

Ada banyak pelajaran atau yang biasa disebut dengan mata kuliah, namun pada akhirnya jurusan ilmu komunikasi akan konsentrasi di bidang tertentu, atau konsentrasi jurusan. Pertama-tama kuliah, kalian akan dikenalkan dengan apa itu komunikasi dengan mata kuliah dasar-dasar komunikasi, filsafat, teori komunikasi, dan lain sebagainya. Ketika sudah memasuki di pertengahan kuliah, kalian akan fokus pada mata pelajaran yang dinilai dari keahlian masing-masing, namun kalian juga tetap bisa memilihnya sesuai kemampuan, yaitu:

1. Journalist

Untuk kamu yang suka dengan dunia jurnalistik atau wartawan, disarankan untuk mengambil konsentrasi ini. Kalian akan belajar menjadi pembawa acara dan penulis berita. Skill yang harus kamu butuhkan yaitu fotografi dan menulis. 

Namun, menulis akan menjadi pekerjaan utama karena sebagai jurnalis harus suka dengan dunia penulisan. Jika kamu memang suka, pilihlah konsentrasi ini untuk memperdalam ilmu kamu supaya lebih profesional.

Konsentrasi ini tidak diambil oleh kebanyakan mahasiswa karena dianggap tidak keren, padahal jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, menjadi wartawan sangat keren karena nantinya akan mendapatkan akses khusus ketika liputan, dan dilindungi oleh negara.

2. Audio Visual

Saat ini sangat ramai di internet sebagai konten kreator pembuat video, kamu bisa memilih konsentrasi audio visual. Seuai dengan namanya, kalian akan belajar lebih jauh mengenai editing video, membuat naskah film, dan produksi acara televisi.

Konsentrasi audio visual diminati banyak mahasiswa ilmu komunikasi karena dianggap bisa membawa mereka pada kesuksesan dan terlihat keren jika dilihat dari status sosial.

3. Public Relation

Konsentrasi public realtion atau PR, menurut saya adalah konsentrasi yang sangat seru karena kalian diwajibkan untuk mencari sebuah jalan keluar ketika perusahaan atau nama brand sedang terkena masalah.

Sebagai public relation diharuskan untuk mengenal orang banyak untuk mendapatkan link baru dan ilmu. Cocok sekali untuk kamu yang mudah bergaul dan ingin mencari kenalan. Nantinya, setelah lulus kamu bisa melamar sebagai marketing communication di salah satu perusahaan yang pemasarannya akan dipegang oleh seorang public realtion.

***

Ketiga konsentrasi diatas adalah konsentrasi yang mayoritas jurusan di seluruh universitas di Indonesia memilikinya. Terkadang jurusan ilmu komunikasi mempunyai konsentrasi lagi yaitu advertising yang fokus pada pemasaran sebuat product. Sata tidak menulisnya karena hanya beberapa universitas saja yang mempunyai pelajaran ini.

Sekian postingan kali ini, semoga bermafaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga : Suka duka mahasiswa Ilmu Komunikasi