18 November 2017

Lapangan Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Seringdicari.com - Ilmu komunikasi adalah jurusan kuliah yang sedang populer saat ini, selain mudah jika dibandingkan dengan jurusan yang lainnya, Ilmu komunikasi juga mempunyai peluang yang besar di lapangan kerja.

Ilmu komunikasi masih menjadi pilihan yang sangat diminati oleh mahasiswa baru karena beberapa mahasiswa menganggap jurusan ini sebagai pilihan yang tepat. Jurusan yang mempelajari tentang public speaking, public relation, audio visual dan journalist ini memang sangat cocok untuk kalian yang mempunyai jiwa seni atau artist.

Lapangan Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Setelah lulus pastinya kalian bisa membawa tidak hanya gelar dari universitas, tentu juga ilmu yang sudah dipelajari selama empat tahun atau lebih. Untuk kalian yang bingung dan ragu, bagaimana lapangan kerja dan peluang apa saja yang akan didapatkan setelah lulus, saya akan berbagi tentang karir jurusan Ilmu Kumunikasi pada artikel ini.

Pertama, jurusan Ilmu Komunikasi sangat besar peluangnya menjadi fotografer dan vidiografer, kedua bidang ini bisa dibilang tidak ada matinya mengingat saat ini banyak permintaan foto dan vidio seperti product ataupun pre-wedding

Jika dikembangkan skill ini, penghasilan yang didapat pun juga bisa dibilang lebih dari cukup, tidak perlu melamar kerja kalian bisa hidup dengan karya yang dihasilkan entah itu full time atau part time.

Kedua, biasanya mahasiswa Ilmu Komunikasi mempunyai ide-ide kreatif yang tidak banyak orang miliki, sehingga kalian akan mempunyai peluang yang sangat besar untuk menjadi pengusaha. Modal besar para pengusaha yaitu mempunyai inovasi dan skill yang out of the box.

Ketiga, jika kalian suka dengan dunia journalist, sangat berpeluang besar untuk menjadi wartawan. Namun sayangnya konsentrasi ini jarang diminati mahasiswa Ilmu Komunikasi, padahal jika dilihat dari kesempatan yang ada, sukses menjadi wartawan sangat tidak menutup kemungkinan, disisi lain, jika kalian tidak ingin menjadi wartawan kontrak, saat ini sudah banyak platform untuk menjadi wartawan lepas yang bisa dibilang bayarannya lebih banyak.

Keempat, seiring berkembangkan teknologi informasi dan komunikasi, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga sangat berpeluang besar untuk menjadi Marketing Communication. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan untuk menyampaikan brand atau merek kepada khalayak. 

Bayaran dibidang ini juga bisa dibilang besar, mengingat peran dalam suatu perusahaan sangat besar. Terlebih jika kamu membuka jasa marketing komunikasi sendiri tanpa bergabung dengan perusahaan.

Kelima, PR atau public relation juga sangat dicari oleh sebuah perusahaan, terlebih jika kamu mempunyai kemampuan di bidang ini. Tidak banyak orang bagus dalam menjaga atau meningkatkan nama perusahaan, maka dari itu, public relation adalah pekerjaan yang tepat untuk kalian yang mempunyai kemampuan ini.

( i ) Masih banyak lagi peluang untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi di dunia kerja, mengingat jurusan ini sangat cocok untuk segala macam pekerjaan.

***

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi kamu untuk mencari pekerjaan. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga : Jurusan kuliah yang berpeluang menjadi sukses dan kaya