07 Agustus 2016

Tips Lengkap Menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Setiap mahasiswa ketika sudah semester 6, program wajib yang harus dijalani yaitu KKN (Kuliah Kerja Nyata). Namun, beberapa universitas mengganti program KKN dengan magang atau PKL. Tujuan KKN yaitu pada intinya adalah mendekatkan diri dengan masyarakat, peran mahasiswa yaitu membantu kekurangan yang ada di desa tersebut namun bukan berarti memecahkan semua masalah. Karena mahasiswa juga masih dalam tahap belajar.

Sebelum berangkat, biasanya ada pembekalan terlebih dahulu supaya tidak sembarangan di desa, rapat anggota dan lain sebagainya. Dalam rapat, kelompok akan membahas tentang program kerja (Proker), iuran untuk dana selama satu bulan, dan pembagian kelompok.

Tips Lengkap Menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Di postingan ini saya ingin berbagi sedikit tips supaya KKN menyenangkan, menurut pengalaman pribadi dan pengalaman beberapa teman yang sudah menjalani kuliah kerja nyata.

1. Kompak

Modal awal supaya KKN menyenangkan yaitu harus kompak setiap individu dalam kelompok, usahakan tidak egois karena hanya akan memecah belah kelompok. Bicarakan sesuatu bersama - sama dan sesuai kesepakatan bersama, karena KKN adalah kesepakatan bersama, bukan individu saja.

2. Dibawa happy

Banyak mahasiswa sebelum berangkat KKN sudah mengeluh nanti akan bagaimana di lapangan, takut ini dan itu. Fikiran seperti ini justru akan menghantui diri - sendiri yang malah akan membuat KKN merasa tidak nyaman.
Ketika happy sebelum berangkat, sugesti tersebut akan dibawah ketika sudah berangkan KKN. Apapun kegiatan dan resikonya akan tetap senang karena semua diambil hikmah dan pelajarannya. Mau tidak mau KKN harus dijalani selama satu bulan, jadi jangan menakut - nakuti diri sendiri supaya menyenangkan.

3. Proker

Kebanyakan mahasiswa sebelum KKN menyusun program kerja yang sangat banyak dan berat, hal ini tentu akan membuat kelompok kesusahan. Apalagi jika sudah dibicarakan kepada perangkat desa, program - program akan ditagih kepala desa.

Untuk mengambil aman, usahakan jangan membuat proker terlalu banyak dan berat. Tidak perlu bagus, yang penting bermakna bagi masyarakat. Misalnya membantu kerja bakti, membantu mengajar, membantu mengecat, dan masih banyak proker lain yang tidak begitu banyak mengeluarkan dana.

4. Penginapan & Makan

Biasanya satu kelompok ada 30 orang dan dibagi menjadi beberapa kelompok lagi untuk menginap. Biaya menginap dan makan pada umunya jadi satu, setiap hari dimasakin oleh pemilik rumah, jadi setiap individu sudah tidak usah bingung menginap dan makan lagi.

5. Iuran

Iuran juga menjadi hal penting karena tanpa uang, proker dan lainnya tidak bisa berjalan dengan lancar. Namun, walaupun begitu usahakan iuran jangan terlalu banyak, karena biasanya jika terlalu banyak malah membuat over karena merasa mempunyai dana lebih.

---

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan KKN kamu lancar, tidak ada yang egois supaya kelompok menjadi kompak. Bantu share supaya teman - teman yang lain juga tahu. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga: Cara mudah memilih jurusan kuliah


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Tips Lengkap Menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.