08 July 2016

Tips Mudik Pulang Kampung saat Lebaran

Hari raya Idul Fitri identik dengan mudik atau pulang kampung, dari kota besar menuju tanah kelahiran yang ada di desa. Masyarakat Indonesia sangat mempertahankan tradisi ini walaupun sekarang jaman sudah canggih bisa video call. Bertemu dengan keluarga tidak ada teknologi yang bisa menggantikannya.

Buat yang ingin pulang kampung, saya di postingan kali ini akan berbagi tips sedikit mudik aman dan menyenangkan.

Menggunakan kendaraan pribadi

1. Mengecek kendaraan
Jika perjalanan kamu jauh, jangan sampai lupa mengecek kendaraan kamu sebelum berangkat. Karena ini menyangkut keselamatan. Kondisi kendaraan yang normal selain bisa membuat kamu nyaman di perjalanan, juga bisa membuat selamat sampai tujuan.

Ketika kamu sudah melakukan perjalanan, kebanyakan bengkel akan tutup, apalagi jika kamu melewati jalan tol, tidak akan ada bengkel yang ada disana. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jangan sampai lupa bawa kendaraan kamu ke bengkel sebelum mudik, ya.

2. Mengatur jadwal mudik

Mudik dekat dengan hari raya Idull Fitri kemungkinan akan sangat macet, karena mayoritas kantor libur H-7. Diantara hari tersebut akan sangat macet sekali, dibutuhkan kesabaran yang sangat ekstra. 

Tips Mudik Pulang Kampung saat Lebaran
Sumber gambar: merdeka.com

Kamu harus pintar memilih jadwal mudik sehingga tidak terkena macet. Kecuali memang kamu menggunakan transportasi umum pesawat dan kereta api, akan bebas macet sampai tujuan.

3. Istirahat

Karena perjalanan jauh, selain mengecek kendaraan, jangan lupa juga untuk mengecek kondisi tubuh. Apalagi jika kamu supir, istirahat sebelum berangkat sangat diperlukan supaya ketika sudah diperjalanan tidak ada kendala yang mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidur yang cukup dan minum vitamin supaya daya tahan tubuh tidak lebah ketika perjalanan.

Mengunakan kendaraan umum

1. Membeli tiket
Masih sama, mengatur jadwal mudik. Namun jika kamu menggunakan kendaraan umum apalagi pesawat dan kereta, tiket harus diperhatikan sebelum kamu mudik. Jangan membeli tiket dekat dengan hari H, dipastikan sudah habis.

Kamu bisa memesan tiket pulang kampung minimal 3 bulan sebelum lebaran, mengingat jumlah pemudik juga sangat banyak, siapa cepat dia dapat.

2. Barang bawaan

Jangan terlalu banyak  membawa barang bawaan karena akan ribet dan capek membawanya, kebanyakan dipaketkan sendiri menggunakan ekspedisi pengiriman.

Membawa barang yang terlalu banyak tidak disarankan ketika kamu mudik menggunakan kendaraan / transportasi umum.
---

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Selamat mudik dan bertemu dengan keluarga tercinta. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Terima kasih sudah membaca, bantu share supaya teman - teman yang lain juga tahu. Baca juga: Cara ampuh supaya tidak mabuk darat