20 Juli 2016

Cara Mengurangi Bounce Rate yang Tinggi

Bounce Rate simple-nya adalah pengunjung yang mengunjungi blog kita, tetapi tidak lama kemudian menutup atau pergi dari blog kita. Hal seperti ini sangat mempengaruhi performa blog di mata mesin pencari, blog yang mempunyai bounce rate tinggi dianggap tidak mempunyai artikel yang berkualitas.

Ini masalah serius karena semakin tinggi bounce rate akan semakin jelek juga blog kita di masa mendatang. Maka dari itu sebisa mungkin harus diatasi.

Cara Mengurangi Bounce Rate yang Tinggi
Sumber gambar: Google image

Untuk mengatasi bounce rate pada blog mempunyai beberapa cara, di postingan ini saya akan berbagi sedikit bagaimana caranya. Intinya, hal - hal dibawah ini adalah cara untuk supaya pengunjung blog berlama - lama di blog kita dan membaca artikel yang lainnya. Langsung saja kita mulai, ya.

1. Memasang widget recent post dan popular

Biasanya widget ini ada di atas blog, ketika pengunjung membaca artikel kita, mempunyai kemungkinan membaca postingan yang ada di recent post dan popular.

Pasang minimal 5 postingan dan maksimal 10 postingan saja, jangan terlalu banyak karena bisa membuat pengunjung merasa tidak nyaman.

2. Membuat link postingan lain dalam artikel

Widget recent dan popular post mungkin masih belum cukup untuk membuat pengunjung, maka dari itu kamu harus menambahkan link internal  di akhir atau di tengah postingan kamu yang masih berhubungan dengan postingan kamu saat itu. Dengan begitu pengunjung akan berpeluang mengunjungi link tersebut.

3. Design template

Hal ini yang terkadang banyak diabaikan oleh beberapa blogger. Memikirkan konten yang bagus tapi tidak memikirkan template blog juga sama saja, karena konten yang bagus jika template berat di mata, tanpa pikir panjang pengunjung juga akan keluar dan berkunjung ke blog lain yang lebih enak dipandang.

Selain warna blog, kecepatan blog juga harus sangat diperhatikan. Gunakan widget yang penting saja, kurangi widget tidak penting yang membuat blog kamu berat.

4. Kolom pencarian

Jangan dianggap remeh widget kolom pencarian. Widget ini bertujuan untuk membantu pengunjung mencari artikel yang ada di blog kamu, mungkin ada beberapa yang lupa sehingga akan sangat membutuhkan widget ini.

---

Beberapa cara diatas bisa kamu coba untuk mengurangi bounce rate pada blog kamu, semakin sedikit jumlahnya semakin bagus blog kamu dan berpeluang muncul di page one search engine karena blog kamu dianggap blog yang berkualitas.

Namun yang harus tetap diperhatikan adalah original postingan yang kamu tulis, semakin bagus dan original semakin besar juga peluang mendapatkan pengunjung yang banyak dan loyal, mereka akan kembali lagi dan menunggu postingan terbaru dari kamu.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Bantu share supaya teman - teman yang lain juga tahu. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga: Kapan waktunya pengunjung blog naik?


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Cara Mengurangi Bounce Rate yang Tinggi

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.