13 Mei 2016

Tips Rahasia Membuat Vlog untuk Youtube

Saat ini, konten yang sedang ramai dibuat di youtube adalah daily vlog. Buat yang tahu, vlog adalah salah satu jenis konten youtube, merekam aktifitas sehari - hari menggunakan kamera kemudian di-upload ke youtube.

Mulai dari youtuber baru, hingga youtuber besar seperti Raditya Dika, Bayu Skak, Chandra Liaw, Henasatya, Edho Zell, semua membuat vlog. Dibandingkan dengan jenis konten video youtube yang lainnya, daily vlog memang lebih mudah.

Tips Rahasia Membuat Vlog untuk Youtube

Namun, walaupun mudah, membuat vlog tidak bisa asal - asalan juga supaya mebambah views dan subscribers.

Di postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang rahasia membuat vlog yang bagus. Yang perlu diperhatikan, tidak ada vlog bagus karena aplikasi editing, namun vlog bagus karena memang pembuat vlog tersebut tahu apa yang seharusnya layak ditonton oleh orang lain. Dengan adanya postingan ini siapa tau sedikit membantu kamu yang masih kebingungan.

1. Pesan dalam video

Sebelum membuat vlog, hal yang harus diperhatikan adalah pesan apa yang ingin kamu sampaikan melalui video yang kamu buat. Jika tidak ada sama sekali, pastikan video kamu menarik dan menghibur, supaya penonton tetap mendapatkan hiburan walaupun tidak mendapatkan pesan.

Jika hanya membuat video saja tanpa ada pesan yang disampaikan, kemungkinan akan sulit menaikkan channel kamu. Kecuali kamu memang sudah menjadi artis terkenal seperti Raffi Ahmad, atau Al-Ghazalli.

2. Durasi video

Durasi juga hal penting yang harus diperhatikan. Karena tidak semua orang menonton video kamu secara full. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu pendek, pastikan panjang video pas sekitar 5 - 10 menit.

3. Tempo video

Setelah mengedit dan ketemu durasi video kamu, lihat lagi, apakah video kamu sudah berada di tempo yang pas. Biasanya tempo video yang lambat akan membuat penonton bosan sehingga dengan mudah menonton video youtube yang lainnya.

Jika berbicara kamu lambat, usahakan ketika mengedit bagian yang hening atau diam bisa kamu cut. Supaya terkesan padat.

4. Kualitas video

Kualitas video juga tidak kalah penting, video yang mempunyai gambar cerah akan membuat betah penonton. Jika memang tidak punya kamera bagus untuk merekam, kamu masih bisa mengandalkan:

5. Kualitas audio / suara

Walaupun kualitas gambar tidak begitu bagus, namun suara kamu jelas, kemungkinan penonton masih bisa bertahan mendengarkan suara kamu. Tapi, jika gambar bagus mempunyai suara jelek, tanpa pikir panjang video akan di-close.

6. Personal branding

Tidak sedikit creator yang mengabaikan hal ini, memang konsisten itu sangat perlu. Namun, jika kamu ingin diingat orang lain, lebih baik mulai dari sekarang tentukan personal branding kamu.

Kamu ingin dikenal sebagai apa oleh penonton youtube kamu. Jika tidak dibangun mulai awal, kamu akan kesulitan karena akan sulit diingat masyarakat umum.

---

( i ) Tips di atas hanya sebagian, selebihnya kamu bisa belajar dari orang yang lebih hebat lainnya, atau dari pengalaman kamu sendiri. Jika masih kebingungan, yang penting konsisten saja dulu, yang lain bisa menyusul seiring dengan bertambahnya masukan yang kamu dapat. Selamat berkarya!

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Bantu share supaya teman - teman yang lain juga tahu. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Baca juga: Cara melihat penghasilan youtuber sukses


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Tips Rahasia Membuat Vlog untuk Youtube

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.