02 Mei 2016

Gerakan Basic Breakdance untuk Pemula

Di Indonesia, tarian breakdance atau yang biasa disebut dengan bboying semakin berkembang. Apalagi dengan adanya fasilitas dari pemerintah di tempat-tempat umum seperti alun-alun dan sanggar tari yang bisa digunakan untuk latihan breakdance.

Breakdance tergolong tarian ekstreme, karena sangat beresiko terjatuh, patah tulang, dan cidera lainnya. Namun, hal itu bisa diminimalisir dengan basic yang benar. Untuk melakukan tarian breakdance ada beberapa gerakan basic yang harus dikuasai sehingga nanti akan mudah melakukan gerakan lain yang lebih sulit.

Sebelumnya, untuk menjadi seorang bboy, modal awal yang harus dimiliki adalah semangat tinggi dan kemauan untuk berlatih setiap hari, karena breakdance tidak bisa dilakukan secara instan, butuh waktu untuk benar-benar menjadi penari breakdance profesional.

Oke, langsung saja seringdicari blog berbagi 3 gerakan basic yang harus kamu kuasai.

1. Top rock

Kebanyakan semua penari breakdance dimulai dari gerakan ini, dengan posisi berdiri sambil memainkan tangan dan kaki secara bersamaan, seperti menari salsa atau sufle dance. Kalian bisa melihat gambar dibawah ini.

Gerakan Basic Breakdance untuk Pemula Top rock
Sumber gambar: Google image

Ulangi gerakan tersebut sampai benar-benar menguasai dan terbiasa. Walaupun terlihat simple, top rock sulit dilakukan jika tidak latihan secara rutin. Jangan pindah ke gerakan yang lainnya sebelum gerakan ini kalian hafal.

2. Foot work

Setelah top rock, sambung ke foot work gerakan six step. Buat yang belum tahu, pada umumnya gerakan foot work adalah gerakan yang dimulai dari posisi jongkok. Six step yaitu memainkan kaki ke 6 step / langkah sehingga membentuk pola melingkar.

Gerakan Basic Breakdance untuk Pemula Footwork Six Step
Sumber gambar: Google image

Latih terus sampai benar-benar bisa, sehingga kamu bisa mengombinasikan dengan step-step yang lain. Seperti two step, three step, sisi, double sisi, dan lain-lain.

3. Baby Freeze

Biasanya gerakan terakhir ini disambung langsung setelah melakukan six step. Freeze yaitu gerakan berhenti dengan pose tertentu semenarik mungkin. Namun baby freeze yaitu berhenti menumpu badan dengan kedua tangan dan sisi kepala samping menyentuh lantai. Tetapi kuping jangan sampai menempel pada lantai, sehingga membuat gerakan baby freeze kamu menjadi sempurna.

Gerakan Basic Breakdance untuk Pemula Freeze
Sumber gambar: Google image

Gerakan kaki bisa kamu kombinasikan sesuai kreatifitas. Namun pada umumnya seperti gambar diatas.

( i ) Ketiga gerakan basic diatas wajib kamu kuasai sebelum melakukan gerakan yang lainnya. Kamu bisa menyambung-nyambungkan gerakan lain ketika kamu sudah fasih dengan ketiga gerakan basic. Yang terpenting jangan cepat putus asa, karena sekali lagi breakdance tidak bisa dilakukan dengan cara instan.

---

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan kamu bisa menjadi bboy yang keren. Terima kasih sudah membaca, bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu. Sampai jumpa di postingan selanjutnya! Baca juga: Manfaat bangun tidur pagi hari


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Gerakan Basic Breakdance untuk Pemula

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.