28 April 2016

Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah

Biasanya mahasiswa terutama perantauan, ingin menambah penghasilan sendiri dengan bekerja, namun tetap tidak menggangu jadwal kuliah, sehingga bisa mempunyai uang tambahan dan kuliah berjalan dengan lancar.

Tidak semua mahasiswa dijatah orang tua dengan uang bulanan yang banyak, ada juga yang pas-pasan. Alhamdulillah sudah bisa kuliah. Kuliah sambil bekerja tidak ada salahnya, justru bagus, kebanyakan mahasiswa memilih kerja sebagai freelancer atau part time. Tidak full dalam satu hari, tetapi hanya beberapa hari dan beberapa jam saja.

Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah
Sumber gambar: Google image

Ngomong-ngomong, pekerjaan apa yang cocok untuk mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan namun tidak mengganggu kuliah? Seringdicari blog akan berbagi sedikit tentang kerja apa yang cocok buat kamu. Lumayan untuk menambah pengalaman, ketika nanti kamu sudah lulus tidak kaget dengan dunia kerja dan siap menjadi full time di perusahaan atau tempat kamu kerja sambil kuliah.

1. Admin social media

Menjadi admin social media saat ini digemari mahasiswa karena jam kerja yang fleksibel dan penghasilan yang didapatkan juga lumayan. Kamu bisa melamar sebagai admin di perusahaan atau membuat akun sendiri dan mengembangkan supaya mempunyai banyak follower.

Modal yang dibutuhkan juga bisa dibilang rendah karena hanya membutuhkan smartphone dan koneksi internet saja. Jika akun sudah ramai kamu bisa mengenakan tarif untuk paid promote dan media partner di berbagai acara.

2. Cafe

Bekerja di cafe kebanyakan juga bisa part time, sebagai asisten dapur atau pelayan, bekerja hanya 4 sampai 6 jam saja dalam satu hari. Pilih jadwal yang tidak berbenturan dengan kuliah. Menyenangkan karena di cafe kamu bisa bertemu dengan orang baru setiap hari. Gajinya juga lumayan untuk tambahan uang bulanan.

3. Designer

Jika kamu mempunyai kemampuan dalam bidang design, kamu bisa menjadi freelance designer. Membuat kartu nama, undangan, atau design lain yang sesuai dengan keinginan klien.

Menjadi designer juga lumayan lho, gaji yang didapatkan bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kemampuan design kamu. Semakin bagus dan rumit, biasanya tarif semakin mahal. Peluang menjadi designer juga sangat besar, cukup bekerja di dalam kamar setiap hari kamu bisa mendapatkan jutaan rupiah setiap bulannya.

4. Fotografer

Fotografer juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan ketika kuliah, menjadi wartawan lepas atau memfoto pernikahan dan acara lainnya. 

Bekerja sesuai dengan panggilan event dan tergolong sangat mudah, namun modal untuk membeli kamera yang mungkin menjadi kendala untuk menjadikan fotografi sebagai pekerjaan sampingan.

5. Blogger

Jika memang tidak ada modal sekali untuk membeli kamera dan menjadi fotografer, kamu bisa menjadi seorang blogger. Menjadi blogger tidak butuh modal yang besar, hanya koneksi internet dan laptop. 

Kamu bisa membuat blog gratis dan mendaftarkan di google adsense, lumayan juga penghasilan yang didapat menjadi seorang blogger. Jam kerja yang bisa kapan saja dan dimana saja, yang terpenting adalah niat.

Selain itu menjadi blogger juga berkesempatan menjadi penulis untuk konten website lain, bisa juga menjadi penulis buku. Sangat menyenangkan kalau dari awal kamu sudah senang menulis dan bercerita.

6. Online shop

Kalau masih bingung, berjualan juga bisa kamu coba untuk menghasilkan uang tambahan. Kamu bisa menjual pakaian, atau aksesoris. Tidak usah kawatir dengan modal, karena kamu bisa menjalankan online shop dengan modal Rp. 0,- dengan cara dropship. Baca: Perbedaan reseller dan dropshipper

Apalagi jika kamu mempunyai kemampuan untuk memasarkan barang, tidak membutuhkan waktu yang lama toko kamu ramai dan laris manis. Banyak mahasiswa yang sukses dengan bisnis berjualan secara online, tidak ada salahnya untuk mencoba.

---

( i ) Apapun pekerjaannya yang terpenting kamu suka menjalaninya, sehingga tidak ada keterpaksaan. Mengatur waktu kerja dan kuliah juga sangat penting supaya kuliah tidak berantakan. 

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu, terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam sukses!