28 April 2016

Kerja Dulu atau Lulus Kuliah Dulu?

Kebanyakan dari mahasiswa tingkat akhir setelah hampir lulus bingung bagaimana harus melangkahkan kaki. Apakah mencari kerja terlebih dahulu, atau lulus dahulu. Jika lulus dulu nantinya juga akan minder jika tidak diterima kerja atau tidak cepat kerja. Namun jika kerja terlebih dahulu biasanya akan menunda kelulusan.

Hal ini memang membuat dilematis, karena sama-sama berat. Menjadi sarjana tetapi tidak segera mendapatkan pekerjaan pasti juga menjadi beban tersendiri, tanggung jawab itulah yang terkadang banyak ditanyakan oleh tetanga dan orang-orang terdekat.

Kerja Dulu atau Lulus Kuliah Dulu
Sumber gambar: Google image

Di postngan kali ini seringdicari blog hanya ini berdiskusi, sharing hal yang paling tepat untuk dilakukan lulus dulu atau kerja dulu.

Menurut saya pribadi, tergantung bagaimana cara kita membaca situasi. Andai saja kita memang memilih lulus terlebih dahulu, sebaiknya bisa memastikan setelah lulus langsung mendapatkan kerja dan bermanfaat bagi orang lain. Namun jika setelah lulus masih nganggur, lebih baik mencari pekerjaan terlebih dahulu, tetapi harus dipastikan juga kuliah jangan sampai berantakan.

Saat ini kebanyakan dari mahasiswa hanya mencari cepat lulus, tidak mempertimbangkan tanggung jawab menjadi seorang sarjana. Apalagi setelah lulus bekerja yang tidak sesuai dengan jurusan, kuliah hanya mencari ijazah saja.

Memang hal tersebut menjadi sangat rugi karena yang terpenting bukanlah ijazah dan nilai bagus, namun kemampuan kita setelah melakukan perkuliahan selama kurang lebih 4 tahun lamanya.

Postingan ini hanya pemikiran  pribadi,  bisa jadi salah bisa jadi benar. Pada akhirnya, kembali lagi kepada diri kita masing-masing, ingin memilih jalan yang mana, karena hidup adalah pilihan. Namun yang terpenting, jangan sampai menyesali dengan pilihan kita sendiri. 

Terima kasih sudah membaca, bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu. Sekian postingan kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Baca juga: Saatnya membuat lamaran pekerjaan kreatif