21 Maret 2016

Penyebab Kenari / Lovebird Tidak Cepat Bertelur

Pada dasarnya burung kenari dan lovebird hampir mempunyai kemiripan, sama-sama pemakan biji-bijian dan mudah perawatannya. Kedua jenis burung ini memang digemari banyak kicau mania karena suaranya yang merdu dan harganya yang lumayan mahal. Dari segi perawatan juga tidak beda jauh, bahkan bisa dibilang perawatan kedua burung ini sama saja.

Kenari dan lovebird memang mudah dipelihara, namun walaupun begitu jika tidak jodoh memeliharanya akan sedikit mengalami kesulitan. Ketika ingin ternak burung kenari dan lovebird terkadang tidak berhasil. Kamu harus mengenali kedua jenis burung ini, walaupun gampang tetapi salah perawatan juga akan gagal.

Penyebab Kenari / Lovebird Tidak Cepat Bertelur

Di postingan kali ini seringdicari blog ingin berbagi sedikit kenapa burung kenari dan love bird sulit bertelur, padahal sudah berusaha semaksimal mungkin.

1. Cek ulang jenis kelamin

Jika sudah dicampur namun tidak segera bertelur, cek kembali kelamin burung peliharaan kamu. Kenari jantan selalu berbunyi, yang betina tidak pernah berbunyi. Pastikan sudah satu pasang. Untuk lovebird memang agak sulit membedakan antara betina dan jantan, pada umumnya betina mempunyai paruh yang agak lebar, sedangkan jantan mempunyai paruh yang agak tipis.

2. Sarang

Pada umumnya sarang kenari menggunakan serabut kelapa yang ditaruh diatas kotak kecil menggunakan triplek, jangan menggunakan tempat lain seperti plastik karena burung kenari jarang yang mau bertelur.

Untuk lovebird sediakan glodok dan beberapa helai daun jagung kering atau yang biasa disebut dengan klobot. Sediakan secukupnya dan taruh di dalam kandang, biarkan lovebird menaruh sesuai kenyamanannya.

3. Udara

Pastikan kedua burung ini berada di tempat yang udaranya bagus, terkena sinar matahari dan tidak lembab. Ada angin yang berhembus untuk menjaga sirkulasi udara supaya tetap segar. Hal ini sangat berpengaruh, karena jika udara pengap kenari dan lovebird terkadang jarang mau untuk bertelur.

4. Pakan

Pakan juga harus diperhatikan, berikan pakan yang sehat seperti sayuran bayam, kangkung jika burung kamu lovebird. Tidak lupa memberikan asinan tulang sotong.

Pakan bisa membuat burung kenari dan lovebird sehat, ketika sehat burung akan produktif untuk bertelur. Telur yang dihasilkan juga akan bagus, resiko kematian akan sangat kecil.

5. Mandikan burung

Jarang dimandikan juga akan mempengaruhi mood burung, biasanya ketika burung ingin bertelur, dia akan sajin sekali untuk mandi. Jika tidak pernah dimandikan, tentu saja mood burung malas untuk bertelur.

Setelah dimandikan jangan lupa untuk menjemur beberapa jam dipagi hari supaya burung tetap sehat.

---

( i ) Pada umumnya kelima poin di atas penyebab paling sering ditemui oleh beberapa peternak, namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain yang mungkin setiap burung dan perawatan berbeda-beda.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan kamu menjadi peternak burung yang sukses. Terima kasih sudah membaca, bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam sukses! Baca juga: Cara supaya kenari rajin bertelur


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Penyebab Kenari / Lovebird Tidak Cepat Bertelur

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.