06 March 2016

Cara Mudah Memilih Jurusan Kuliah

Buat teman-teman yang masih kelas 12 dan kebetulan sebentar lagi lulus, bingung mencari jurusan yang tepat, kebingunan tersebut memang hal yang sangat wajar. Hampir semuanya bingung dengan hal ini. Menentukan jurusan yang tepat sebenarnya tidak sulit jika kita bisa melihat kemampuan diri kita sendiri.

Tidak sedikit mahasiswa yang mengeluh ketika sudah menjalani kuliah karena merasa salah mengambil jurusan, tentunya hal ini akan merugikan diri kita sendiri jika sebelum masuk tidak berjaga-jaga dan pintar memilih jurusan. Supaya tidak menyesal ketika sudah kuliah nanti, alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu.

Di postingan ini seringdicari blog ingin berbagi sedikit tentang bagaimana cara menentukan jurusan kuliah dengan mudah.

Cara Memilih Jurusan Kuliah
Sumber gambar: Google Image

1. Mengetahui bakat

Pertama peka terhadap diri sendiri, bakat apa saja yang dimiliki. Bakat inilah yang nantinya menjadi penunjang kita sewaktu kuliah, misalnya suka dengan film, kamu bisa mengambil jurusan komunikasi, suka dengan game kamu bisa mengambil informatika yang nantinya juga akan bisa membuat game sesuai apa yang kamu inginkan.

Hal paling mudah untuk menentukan jurusan apa yang harus dipilih memang dari apa yang kita sukai. Kemudian memilih jurusan yang cocok dengan kesukaan kita.

2. Budget

Setiap jurusan mempunyai biaya yang berbeda-beda, setelah memilih jurusan sesuai kesukaan kita. Selanjutnya memikirkan biaya yang akan dikeluarkan nanti. 

Kamu bisa mencari jurusan yang mempunyai biaya uang gedung murah, yang tentunya masih berhubungan dengan kesukaan kamu. Misalnya jika memang kesukaan kamu bertepatan dengan jurusan yang biayanya mahal, kamu bisa masuk universitas melalui jalur prestasi.

3. Jurusan Favorite

Biasanya setiap universitas mempunyai jurusan unggulan masing-masing. Kamu bisa memilih jurusan tersebut karena banyak yang berminat mengambilnya. Namun resikonya mungkin ketika lulus persaingan menjadi sangat ketat karena banyak lulusan yang mengambil jurusan tersebut.

4. Membaca peluang

Semua jurusan mempunyai peluang yang sama, namun alangkah baiknya sejak awal kamu sudah memikirkan peluang kedepan apakah jurusan yang kamu pilih menjadi jurusan yang mempunyai peluang besar di dunia kerja.

Percuma kamu mengambil jurusan yang banyak diminati tetapi ketika lulus peluang kamu menjadi sangat kecil di dunia kerja karena mempunyai saingan yang sangat banyak. 

5. Jurusan yang luas lingkupnya

Kemudian kamu juga harus mengetahui mana jurusan yang mempunyai lingkup luas dan mana jurusan yang tidak mempunyai lingkup luas. Seperti jurusan tertentu yang jurusan tersebut terdapat mata kuliah yang mengadopsi ilmu dari jurusan lain.

Mengambil jurusan yang ruang lingkupnya luas membuat kamu menjadi banyak pengetahuan sehingga ketika lulus kamu bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi berkat bekal yang sudah kamu miliki semasa kuliah.

---

( i ) Tidak ada jurusan yang tidak baik, semua jurusan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung bagaimana kita bisa mencintai jurusan tersebut sehingga tidak keberatan ketika menjalaninya. Sesuatu yang dikerjakan dengan tulus InsyaAllah akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat juga.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Apapun jurusan yang kamu pilih semoga menjadi jurusan terbaik buat kamu di masa depan nanti. Terima kasih sudah membaca, bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Baca juga: Cara perpanjang pajak STNK di bank Jatim