16 Maret 2016

Cara Mudah Membasmi Hama Kumbang Kayu Furniture

Beberapa hari yang lalu saya membeli meja kecil untuk ngeblog seharga Rp.80.000 di toko perabotan. Dibandingkan dengan meja lipat biasa, meja ini termasuk kuat untuk menaruh layar komputer dan keyboard di kost. 

Namun ketika saya tinggal pulang kampung 2 Minggu, banyak sekali lubang kecil diantara kaki meja saya, dibawahnya terdapat serbuk menumpuk banyak. Setelah saya telusuri, ternyata ada hewan kecil yang menggerogoti meja kayu saya yang masih baru dan mulus ini. Tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan. Kemudian saya browsing dan mencari-cari apa penyebab dan bagaimana megnatasinya.

Ada banyak jenis hama yang menyebabkan kayu tidak bertahan lama, salah satunya kumbang kayu seperti yang merusak meja saya.

Cara Mudah Membasmi Hama Kayu Furniture Kumbang Kayu

Sumber gambar: Google image

Abonium punctatum adalah kumbang perusak kayu yang tidak bisa dibiarkan, kita harus segera membasmi serangga ini supaya furniture dirumah kita aman. Serangga ini bisa dengan mudah terbang dari kayu satu ke kayu yang lainnya dan kemudian berkembang biak sangat banyak, semakin banyak semakin cepat kayu dirumah kita rusak. Setelah saya mencari tahu bagaimana cara mengatasinya, berikut seringdicari blog berbagi sedikit apa saja yang harus dilakukan.

1. Oli Bekas

Olesi kayu dengan oli bekas secara menyeluruh. Oli bekas sangat dijauhi oleh kumbang kayu karena baunya saja tidak enak. Jika kamu mengganti oli sebaiknya jangan dibuang karena bisa berguna untuk melindungi kayu dirumah. 

2. Kapur ajaib

Kapur ajaib bisa ditemukan dengan mudah di toko atau minimarket, diciptakan memang untuk membasmi serangga seperti semut, hama kayu, kecoa dan masih banyak serangga yang lainnya takut dengan kapur ajaib.

3. Sabun

Selain untuk membersihkan badan, sabun juga bisa mengusir kumbang kayu dan serangga yang lainnya. Apalagi sabun yang mempunyai busa banyak dan sedikit panas, biasanya sabun untuk mencuci pakaian. Kamu bisa membuah air sabut kemudian tuangkan ke dalam kayu yang berlubang supaya hama kayu keluar dan mati.

4. Minyak tanah 

Tidak hanya untuk menggoreng saja, minyak tanah juga bisa digunakan untuk mengusir jauh-jauh serangga perusak kayu. Sebelum dijadikan pondasi rumah atau atap, olesi kayu dengan minyak tanah dan ujung hingga ujung supaya tidak ada celah sedikitpun untuk membuat jalan masuk serangga kayu.

---

Sebenarnya masih ada banyak lagi bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membasmi hama kumbang perusak kayu. Semoga postingan ini bermanfaat dan membantu mengatasi hama kayu yang merugikan kita semua. Bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu.

Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Baca juga: Cara ampuh supaya tidak mabuk darat


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Cara Mudah Membasmi Hama Kumbang Kayu Furniture

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.