29 Februari 2016

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjadi Youtuber

Saat ini internet di Indonesia semakin berkembang, setiap profider internet menawarkan kecepatan akses dengan harga terjangkau, banyak paket yang memanjakan pengguna internet. Hal ini tentunya kabar baik, untuk yang gemar mencari hiburan, salah satu situs yang sering dikunjungi adalah youtube. Youtube menjadi media hiburan karena banyak sekali konten menarik setiap harinya, berbeda dengan televisi yang mengharuskan penonton melihat tontonan yang sudah ditentukan, melalui youtube semua orang bisa menonton acara sesuai yang diinginkan.

Semakin banyaknya penonton youtube di Indonesia, semakin banyak juga creator atau yang biasa disebut dengan youtuber, orang-orang yang meng-upload videonya ke youtube. Menjadi creator youtube mempunyai banyak keuntungan, salah satunya mendapatkan uang.

Jika kamu tertarik menjadi seorang youtuber dan tidak tahu apa saja yang harus dipersiapkan, di postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang apa saja alat-alat yang dibutuhkan ketika ingin menjadi youtuber.

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjadi Youtuber


1. Alat

Sebelumnya, yang harus digaris bawahi adalah, hal-hal dibawah ini hanya sebuah tools. Yang terpenting yaitu memaksimalkan apa yang kita punya, tidak perlu memaksakan. Alat-alatnya adalah sebagai berikut:

  • Kamera

Jika kamu mempunyai cukup uang, kamera DSLR direkomendasikan untuk digunakan membuat konten di youtube. Apapun type-nya yang penting kamera tersebut ada fitur video. Kamera DSLR saat ini kebanyakan sudah mempunyai resolusi HD, jadi tidak perlu khawatir hasil videonya akan pecah, dijamin jernih.

Namun jika memang tidak mempunyai cukup dana untuk membeli kamera DSLR, kamu bisa memakai kamera handphone kamu. HP apa saja bisa kamu gunakan, untuk awal tidak masalah resolusi tidak begitu bagus, nanti ketika sudah mempunyai uang saat mendapatkannya di youtube, uang tersebut bisa kamu belikan kamera yang lebih bagus.

  • Lighting

Ligting atau lampu digunakan untuk menerangi ruangan jika kamu shoting indor dan kondisi ruangan terlalu gelap. Jumlah dan wat yang digunakan tergantung kebutuhan, melihat bagaimana kondisi tempat.

Direkomendasikan membeli lampu LED berukuran 20 wat keatas, selain cahaya yang dihasilkan sudah bagus, harganya juga cukup murah dibandingkan dengan lighting portable dan lighting profesional lainnya.

  • Mic

Untuk hasil suara yang memuaskan, kamu bisa membeli mic eksternal untuk dipasang di kamera kamu. Jika suara yang dihasilkan jernih, video kamu akan semakin terlihat profesional. Penonton akan betah menonton kamu karena kualitas video dan audio sangat bagus.

Tetapi jika tidak ada budget untuk membeli mic, kamu bisa memakai mic langsung dari kamera, tidak terlalu jelek digunakan kok. Mic hanya untuk jika ingin lebih bagus. Kamu juga bisa menggunakan perekam iphone untuk kualitas suara yang lumayan oke.

2. Komputer

Komputer digunakan untuk mengedit video kamu. Disarankan komputer mempunyai spesifikasi minimal core i5. Spesifikasi tersebut sudah cukup untuk mengedit video berdurasi panjang. Di postingan selanjutnya akan saya share aplikasi apa saja yang digunakan untuk mengedit video.

Tidak mempunyai komputer juga tidak masalah, sekarang ini mengedit melalui handphone juga sudah bisa. Cari di play store / App store di handphone kamu, banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan.

3. Channel Youtube

Langkah sangat bagus ketika kamu sudah merekam video dan mengeditnya. Selanjutnya kamu bisa langsung membuat channel youtube. Buatlah nama channel yang unik dan mudah diingat. Channel yang mudah diingat akan mempermudah kamu untuk menaikkan channel tersebut.

4. Koneksi Internet

Koneksi internet tentu saja tidak kalah penting, upload video kamu ke youtube menggunakan koneksi internet yang stabil, karena jika putus-putus akan menghambat proses upload. Jika tidak berlangganan internet, kamu bisa mencari WiFi gratis di sekolah, kampus, atau tempat kerja.

---

( i ) Kunci yang paling penting menjadi seorang youtuber adalah niat, tanpa niat ide hanyalah sebuah mimpi.

Empat point diatas penting, selebihnya bisa ditambahkan sendiri entah itu personal branding, dan lainnya. Usahakan upload dengan konsisten supaya channel kamu cepat berkembang dan subcriber kamu naik dengan cepat.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam sukses, dukung terus youtuber Indonesia. Baca juga: Pertama kali youtube fanfest Indonesia 2015, meriah!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjadi Youtuber

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.