16 Februari 2016

Cara Mudah Menghemat Untuk Anak Kost

Mungkin dari sekian banyak teman-teman yang kost untuk mencari ilmu diluar kota atau bekerja, sering kali sulit hemat karena kebutuhan ini dan itu. Hal ini mungkin disebabkan karena memang kebutuhan pokok semakin mahal, namun disisi lain bisa jadi kurang hemat dikarenakan diri kita tidak bisa mengatur keuangan setiap bulannya.

Tidak usah khawatir, hal ini sudah biasa terjadi, sebagian besar anak kost memang mengalami hal ini. Maka dari itu, ada beberapa tips yang harus dilakukan supaya uang bulanan bisa bertahan hingga akhir bulan. Mengingat ketika belum akhir bulan minta tidak boleh sama orang tua.

Cara Mudah Menghemat Untuk Anak Kost
Image source: Google image

1. Membatasi pengeluaran

Jika kita setiap harinya makan habis sekitar Rp. 30.000, usahakan jangan sampai lebih dari angka tersebut. Jatah pengeluaran maksimal perharinya untuk mengurangi pembelian hal-hal yang tidak penting.

Kurangi membeli hal yang kita sukai, karena mungkin saja barang atau apapun yang kita beli belum tentu berguna untuk kita. Makan dari itu, beri sesuatu yang menjadi kebutuhan kita.

2. Mencatat pengeluaran

Mencatat pengeluaran menjadi hal penting ketika kita ingin menghemat, karena dengan mencatat kita bisa tahu berapa biasa untuk makan, beli bensin dan lain lain setiap bulannya. Dengan begitu, uang kita akan dijatahkan untuk membeli hal tersebut, mengerem pengeluaran karena jatah maksimal sudah tercatat rapi ke buku pengeluaran.

Memang terlihat simple, namun hal ini yang membuat anak kost menjadi boros karena tidak tahu berapa besar pengeluaran dan berapa besar pemasukan. Buat kamu yang belum mencatat pengeluaran bulanan, sebaiknya mulai dari sekarang mencatatnya.

3. Menabung

Menabung juga menjadi hal penting untuk jaga-jaga di akhir bulan. Kesalahan kebanyakan anak kost adalah menghabiskan uangnya diawal bulan ketika sudah mendapatkan uang bulanan, kemudian menghemat di akhir bulan. Metode seperti ini lebih baik dibalik, dengan cara menghemat di awal bulan dengan menabung, kemudian akhir bulan bisa mengeluarkan uang yang mungkin masih sisa.

***

Diatas adalah tips umum yang kebanyakan orang pakai. Intinya jangan sampai mengeluarkan terlalu banyak jika pemasukan hanya sedikit, usahakan seimbang. Untuk menutupi uang bulanan dari orang tua yang mungkin masih kurang, kamu bisa menyambi bekerja sampingan. Sedikit-sedikit kalau ditekuni lumayan untuk menutup pengeluaran.

Yang perlu diingat, jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, boleh bekerja sampingan namun jangan sampai mengganggu belajar. Kembali ke niat awal, merantau untuk mencari ilmu, jangan sampai menjadikan hal tersebut berantakan.

Sekian postingan kali ini, semoga bemanfaat. Terima kasih sudah membaca, share ke sosial media kamu supaya teman-teman yang lain juga tahu. Baca juga: Cara menarik hasil penjualan di tokopedia


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Cara Mudah Menghemat Untuk Anak Kost

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.