05 Juli 2015

3 Cara Supaya Blog Dilirik Penerbit Buku

Mungkin diantara kamu yang sudah lama menekuni hobi ngeblog, pingin sekali rasanya blog yang dipunya dilirik oleh penerbit dan dijadikan sebuah buku. Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, karena blog yang selama ini kita rawat akan menjadi sebuah karya berbentuk nyata dan dipasarkan di toko-toko buku.

Sekarang ini berbeda dengan jaman dulu, dulu jika ingin menerbitkan buku, pemilik naskah mengirimkan naskahnya ke penerbit. Sekarang juga begitu sih, tapi sekarang tidak seluruhnya pemilik naskah yang jemput bola. Penerbit sekarang juga mulai menjemput bola lho. Pssss.. Jangan dikasih tau siapa-siapa, ya. Penerbit juga menjemput bola dengan cara mencari blog yang berpotensi untuk dijadikan sebuah buku.

3 Cara Supaya Blog Dilirik Penerbit Buku


Nah, ini menjadi kesempatan emas buat kamu supaya dilirik. Kenapa sekarang begitu, ada beberapa alasan. Mungkin penerbit mengejar target terbit, sedangkan naskah yang diterima mayoritas isinya sama dan mainstream. Dan masih banyak lagi alasan.

Di postingan ini seringdicari akan berbagi sedikit tips supaya blog kamu dilirik penerbit buku besar. Yuk langsung saja dimulai.

1. Ciri khas

Yang pertama adalah ciri khas, ini menjadi point penting dan menjadi penentuan blog kamu akan dilirik atau tidak. Karena seperti yang sudah disebutkan tadi, penerbit mencari naskah karena mungkin naskah yang diterima kebanyakan sama. Maka dari itu, usahakan mulai dari sekarang blog kamu berbeda dengan yang lainnya. Jangan meniru orang lain, dari segi cerita atau gaya penulisan kalau bisa.

2. Umur

Jika sudah mempunyai ciri khas dan umur kamu masih tergolong muda, tepat sekali. Untuk saat ini bisa dikatakan penulis muda masih sedikit, muda berumur dibawah 20 tahun. Karena umur dibawah 20 tahun biasanya masih suka bermain, jadi tepat sekali jika kamu sudah mulai menulis, penerbit sangat suka.

3. Masa / Pasar

Tidak bisa dipungkiri lagi, pada akhirnya penerbit bertujuan memasarkan buku supaya buku yang diterbitkan laku. Jika kamu punya ciri khas ditambah masa yang banyak, tidak bisa menolak lagi, penerbit besar akan menghubungi kamu tanpa pikir panjang lagi.

***

Yup, 3 cara diatas bisa dijadikan patokan supaya blog dilirik oleh penerbit. Hal-hal yang lain mungkin ada, setiap penerbit punya kriteria-kriteria lain yang mungkin tidak diketahui oleh orang luar. Baca juga: Solusi ketika stuck / malas menulis

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Bantu share supaya teman-teman yang lain juga tahu. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam sukses!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : 3 Cara Supaya Blog Dilirik Penerbit Buku

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.