24 Juni 2015

Cara Mudah Menghafal Materi Stand up Comedy

Stand up comedy di Indonesia saat ini menjadi tontonan yang menghibur. Karena dianggap sebagai komedi yang fresh dan berbeda dengan komedi-komedi yang ada di TV pada umumnya. Tidak heran jika perkembangan stand up comedy di Indonesia sangat pesat. Karena sangat diminati, comic (Sebutan bagi stand up comedian) di Indonesia juga terus bertambah. Banyak sekali comic-comic baru bermunculan dan saling berlomba-lomba untuk menghibur penonton.

Cara Mudah Menghafal Materi Stand up Comedy
Gambar: Pandji Pragiwaksono, tour stand up comedy Mesakke Bangsaku.

Stand up comedy tergolong komedi yang tidak bisa instan begitu saja, perlu menulis materi terlebih dahulu untuk tampil di atas panggung. Kata-kata yang akan disampaikan semua sudah terencana sejak awal. Sehingga komedi jenis ini tergolong komedi yang sangat unik. Jika kamu tertarik menjadi stand up comedian, ada beberapa cara mudah untuk menghafal materi stand up comedy. Seringdicari akan berbagi tips untuk kamu. Cara-caranya sebagai berikut:

1. Membaca ulang

Membaca berulang-ulang materi yang sudah kita tulis bisa membuat kita menjadi lebih hafal dan lebih luwes ketika membawakannya di atas panggung. Usahakan menulisnya secara manual, karena hal tersebut lebih efektif untuk menghafal dibandingkan dengan menulisnya menggunakan komputer.

Baca terus materi yang kamu tulis, jangan mendadak. Usahakan seminggu sebelum kamu tampil sudah sering-sering memaca materi kamu. Karena ketika kamu dadakan membaca materi, kemungkinan nge-blank akan besar saat tampil.

2. Menulis point-nya saja

Ketika sudah mencoba membaca terus menerus materi kamu, tetapi kamu masih tidak bisa menghafalnya. Kamu bisa menulis hanya point-point materi kamu. Misalnya point pertama adalah joke tentang sawah, joke kedua tentang politik. Tulis hal yang menjadi gambaran besar tentang joke tersebut. Jadi, kamu hanya perlu menghafal pointnya saja.

3. Tenang saat tampil

Jangan gugup, tetap tenang ketika kamu sudah diatas panggung. Biasanya materi yang sudah kita hafal selama berhari-hari akan hilang karena demam panggung. Usahakan tampil semaksimal mungkin, jangan panik ketika materi kamu ternyata tidak lucu.

Anggap penonton adalah teman kamu sendiri, kalau tidak berani menatap mata penonton, tatap saja dahi atau rambut penonton. Jaga tempo dan penyampaian materi kamu mulai dari awal sampai akhir, buat penonton menikmati dan menertawakan materi kamu.

***

Sekian, sedikit tips dari saya. Ada banyak metode untuk menghafal materi, kamu bisa mencoba dengan versi kamu sendiri atau dengan versi diatas. Semua orang mempunyai cara berbeda-beda. Baca juga: Tips menjadi stand up comedian buat pemula

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Terus kunjungi blog ini, karena hal tersebut adalah energi admin untuk terus update setiap harinya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, semoga sukses!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Cara Mudah Menghafal Materi Stand up Comedy

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.