27 Juni 2015

Cara Foto Makanan Supaya Bagus Hasilnya

Hallo teman-teman semuanya. Mungkin diantara kalian mempunyai hobi sebagai food fotografi, atau baru saja pingin belajar dan akhirnya menemukan artikel ini. Food fotografi bisa dibilang teknik foto yang gampang-gampang susah, terkadang ketika mengambil foto makanan hasilnya sangat bagus, terkadang justru sebaliknya. Tapi tenang, semua ada cara-caranya. Semua orang bisa melakukan teknok fotografi ini.

Cara Foto Makanan Supaya Bagus Hasilnya
Image source: Google Image

Di postingan ini seringdicari akan berbagi sedikit tips bagaimana cara memfoto makanan supaya hasilnya terlihat bagus dan menggoda siapa yang melihatnya. Tidak perlu menggunakan kamera dengan harga yang sangat mahal, yang terpenting adalah memaksimalkan alat yang kita punya. Menggunakan kamera handphone saja bisa menghasilkan sebuah foto yang sangat bagus. Langsung saja, berikut cara-caranya:

1. Pencahayaan

Ketika kamu berada di sebuah tempat makan, pilihlah tempat duduk yang mempunyai cahaya yang cukup. Biasanya berada di pinggir jendela. Karena cahaya yang tidak terang akan membuat hasil foto kamu terlihat tidak terang dan berpengaruh pada hasil foto yang mungkin nantinya tidak terlalu detail. Jika malam hari, carilah yang berada di dekat lampu yang tidak berwarna kuning.

2. Pilih menu

Carilah menu makanan yang mempunyai bentuk unik, lucu dan terlihat bagus. Kalau bisa menu tersebut belum ada di tempat makan lainnya. Karena dengan begitu hasil foto kamu akan berbeda dengan yang lain.

3. Komposisi

Menentukan komposisi juga sangat penting. Karena komposisi nantinya akan membuat mood di dalam foto tersebut. Atur sedemikian rupa sehingga makanan yang akan kamu foto terlihat bagus, tentukan background dan forground, fokuskan titik fokus di satu objek. Hilangkan semua hal-hal yang tidak penting, kunci motor, handphone, dan sebagainya.

Cara Foto Makanan Supaya Bagus Hasilnya
Image source: Google image

4. Lensa

Jika menggunakan kamera DSLR, pilih lensa yang aperture-nya atau diagfragma yang mempunyai angka kecil. Misalnya 2.8, atau 1.8. Karena semakin kecil, hasil foto tersebut akan terlihat semakin terang dan semakin blur belakangnya. Membuat foto kamu terlihat seperti hasil fotografer profesional. 

5. Editing

Sampai dirumah kalau masih belum puas dengan hasil foto yang sudah diambil, kamu bisa melakukan editing. Atur cahaya kembali supaya makanan terlihat seperti aslinya, dan usahakan jangan menggunakan filter terlalu banyak karena bisa jadi membuat hasil foto kamu terlihat jelek.

***

Sekian, semoga bermanfaat dan membantu kamu. Baca juga: Cara mudah cek shutter count kamera DSLR

Terima kasih sudah membaca postingan ini sampai habis, selamat melakukan percobaan, perbanyak referensi foto makanan supaya kamu juga mempunyai banyak macam fariasi foto, sehingga hasil foto yang kamu hasilkan tidak begitu-begitu saja. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, salam sukses!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Cara Foto Makanan Supaya Bagus Hasilnya

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.