20 March 2015

Cara Aman Berbelanja Online

Sekarang ini sudah sangat banyak sekali toko online, setiap hari ribuan toko online dibuka di internet. Hal ini disebabkan karena berjualan online tidak membutuhkan modal terlalu banyak dan bisa hemat tenaga. Cukup duduk di depan komputer, rejeki datang sendiri.

Namun, hal ini juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab untuk menipu orang lain. Pura-pura membuka toko online, setelah ada orang membeli barang dan transfer uang. Uang tersebut dibawa lari.

Cara Aman Berbelanja Online

Sebagai konsumen kita juga harus berhati-hati. Banyak modus penipu untuk mengelabui pelanggan supaya rela mentransferkan uang ke rekening pelaku.

Blog SD di postingan ini akan berbagi sedikit tips supaya tidak tertipu ketika berbelanja di internet. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum deal untuk mentransfer uang. 

1. Cek toko

Yang dimaksud cek toko adalah, pastikan toko tersebut benar-benar milik orang yang memang berjualan online, bukan penipu. Bisa dilihat dari tampilan toko online, apakah profesional atau tidak. Menggunakan custom domain atau masih menggunakan domain blogspot / worpress. Cek katalog yang dijual, orang yang benar-benar berjualan online biasanya mempunyai product yang lengkap.

2. Cek harga

Sebelum membeli barang, cek terlebih dahulu harga barang di toko lain. Apakah sudah termasuk sesuai pasar, atau bukan. Harga yang terlalu murah biasanya menjadi modus penipu, hal ini biasanya membuat korban meng-ikhlas-kan uangnya yang tidak terlalu banyak. Namun hal ini tidak bisa dibiarkan juga, jika banyak orang yang ditipu maka uang yang masuk juga akan semakin banyak.

3. Cek Social media

Jangan lupa untuk mengecek social media toko online tersebut, biasanya toko yang aktif dan tidak menipu bisa ditandai dengan social media yang selalu aktif setiap saat. Cek juga apakah social media yang dia punya ramai atau tidak, ramai bisa dilihat dari banyaknya orang yang bertanya dan memberikan testimoni. Jumlah follower yang banyak tidak menentukan toko tersebut aman, karena sekarang follower bisa mudah dibeli dengan harga yang cukup murah.

4. Cek testimoni

Testimoni biasanya diberikan oleh pelanggan ke toko online yang terpercaya. Cek ulang dengan teliti testimoni yang diupload oleh pemilik toko, semakin banyak testimoni semakin aman toko tersebut untuk dijadikan tempat berbelanja.

***

Sekian postingan kali ini, hal di atas bisa dijadikan dasar untuk mengecek sebuah toko online. Berbelanja online salah satu kunci yang harus diterapkan adalah kepercayaan. Jika Anda sudah ingin membeli barang di internet, usahakan percaya kepada toko yang berjualan. Jika masih ragu, lebih baik berbelanja di toko terdekat disekitar rumah Anda. Baca juga: Pekerjaan terlihat sederhana, tetapi untung besar

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat, selamat berbelanja! :)