25 Februari 2015

Solusi Ketika Stuck / Malas Menulis

Sebagian orang menjadi penulis untuk bekerja. Iya, menulis bisa dijadikan sebagai pekerjaan, kalau dulu menulis hanya untuk meluangkan waktu dan untuk pekerjaan sampingan, sekarang menulis sudah bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama. Tidak heran jika jaman sekarang banyak yang hanya duduk di depan komputer, tapi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semua orang bisa menulis, termasuk Anda.

Namun, menulis juga tidak mudah. Sebagian orang berhenti menulis karena malas. Penyebab berhentinya menulis hanya malas, tapi tidak semua orang bisa melalui hal tersebut. Meskipun kelihatannya mudah, mengarang bebas, menulis membutuhkan konsentrasi dan kreativitas. 

Jangan khawatir, ketika melakukan pekerjaan pasti semua orang pernah mengalami titik jenuh. Titik dimana orang tersebut tidak ingin melakukan lagi pekerjaan tersebut. Untuk menghilangkan rasa malas dan jenuh, ada beberapa tips dari seringdicari yang mungkin cocok untuk Anda terapkan.

Solusi Ketika Stuck / Malas Menulis

1. Membaca

Kebanyakan penulis profesional ketika sedang mengalami stuck, mereka berhenti sejenak dari kegiatan menulis. Tapi, mereka berhenti tidak untuk diam saja, melainkan sambil membaca buku. Membaca buku mempunyai manfaat yaitu mengatasi rasa bosan, menambah pengetahuan, dan menambah skill menulis Anda. Jadi, biasakan membaca ketika Anda sedang stuck menulis, siapa tau mendapatkan inspirasi baru.

2. Berlibur

Berlibur juga menjadi hal yang ampuh menghilangkan rasa malas menulis, jika tidak ada biaya besar untuk liburan, paling tidak Anda meluangkan waktu sejenak untuk keluar dari ruang kerja Anda. Pergi ke suatu tempat, bisa cafe, tempat wisata, atau hanya sekedar duduk di halte. Hal ini bertujuan untuk me-refresh otak Anda yang mungkin membutuhkan ide baru. Banyak inspirasi diluar sana yang mungkin akan Anda temukan, dibandingkan dengan hanya duduk di ruangan, imajinasi Anda hanya sebatas ruangan tersebut.

3. Olah raga

Olah raga membuat tubuh semakin bugar dan sehat. Ketika tubuh sehat, fikiran akan selalu positif. Mempunyai fikiran positif tentunya akan membuat ide-ide datang bermunculan. Fikiran Anda tidak capek karena sering ber-olah raga. Berbeda jika tidak pernah olah raga, tubuh akan lemas dan hilang konsentrasi. Selain olah raga, perbanyak minum air putih. Karena air putih membuat konsentrasi tidak hilang.

4. Paksa menulis

Ketika sudah melakukan 3 hal di atas namun masih saja malas menulis, cara terakhir adalah memaksa diri sendiri untuk menulis. Paling tidak dalam satu hari Anda bisa menulis walaupun hanya satu lebar saja. Malas menulis biasanya sering terjadi ketika kita masih baru saja terjun ke dunia menulis, paksa terus sehingga akan membuat Anda terbiasa menulis. Ketika sudah terbiasa, justru akan mengalami rasa tidak nyaman ketika tidak menulis, karena sudah menjadi kebutuhan pokok dan gaya hidup.

***

Mungkin itu saja hal yang harus diperhatikan. Menulis termasuk pekerjaan gampang-gampang susah. Butuh ketelatenan dan ketekunan untuk menulis. Baca juga : Cara supaya traffic blog tidak turun

Menulis bukan pekerjaan untuk orang malas - Windy Ariestanti, Editor.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan Anda menjadi penulis yang sukses. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Solusi Ketika Stuck / Malas Menulis

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.