06 January 2015

Solusi Peternak Ketika Harga Burung Turun

Di beberapa daerah, harga jual burung turun drastis karena beberapa faktor. Salah satunya adalah permintaan dari konsumen terlalu sedikit, dan sudah mulai menjamur peternak-peternak baru sehingga menimbulkan persaingan.

Salah satu burung yang turun harganya adalah kenari dan lovebird, burung ini di sebagian daerah turun dan menimbilkan kebingungan sebagian peternak. Namun sebenarnya berbisnis tidak perlu khawatir ketika harga product yang kita tawarkan tiba-tiba turun, semua hal yang kita jual pasti akan mengalami penurunan dan kenaikan tanpa kita sadari sebelumnya. Yang terpenting adalah selalu membuat plan A, plan B, dan seterusnya.

Solusi Peternak Ketika Harga Burung Turun

Seringdicari ingin berbagi solusi kepada Agan peternak burung yang mengalami turun harga. Tidak usah khawatir, semua pasti ada solusinya.

1. Jangan jual dahulu

Ketika harga burung turun, usahakan jangan menjual burung terlebih dahulu, karena jika menjualnya jelas-jelas akan rugi. Simpan dan terus kembangkan jumlah burung yang Agan miliki, tunggu sampai semuanya kembali normal, disitu Agan bisa menjual kembali burung ternak tersebut.

2. Jual ke luar kota

Jika sudah terpaksa ingin menjual karena tuntutan ekonomi, usahakan jual burung Agan ke luar kota yang masih mempunyai harga normal. Disitu Agan akan tetap untuk, walaupun terkadang agak sedikit ribet karena proses packing dan pengiriman.

3. Tingkatkan kualitas

Kembali lagi kepada kualitas burung yang Agan jual, burung tidak akan turun harganya ketika kualitas burung yang Agan jual sangat bagus. Misal saja seperti burung Murai Batu, burung tersebut bisa dijual dengan kualitas yang dimiliki. Burung lain bisa saja mengikuti seperti itu, ini adalah trik yang terkadang tidak diketahui oleh sebagian peternak.

4. Bangun sebuah brand

Yang juga sering dilupakan oleh kebanyakan peternak burung adalah membangun sebuah brand, brand termasuk hal yang sangat penting untuk menjual sebuah product. Tanpa brand harga bisa biasa saja, namun dengan adanya brand harga bisa jadi tetap stabil. Bangun brand Agan sebaik mungkin dari awal agar konsumen yakin brand yang Agan miliki adalah yang terbaik.

***

Yup, sedikit sharing tentang solusi bagaimana ketika harga sebuah burung turun drastis. Jika ada kurangnya mohon ditambahi di komen box bawah. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Agan menjadi peternak yang sukses! Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Baca juga: Cara agar lovebird rajin bertelur