20 December 2014

Yang Membuat Blog Tidak Menarik

Jika diibaratkan, blog bisa saja sama dengan sebuah rumah. Perlu dirawat agar bersih, perlu di rombak agar menarik, dan dibuat semenarik mungkin agar orang lain betah mampir. Blog merupakan rumah kedua di internet khususnya bagi para blogger, namun, sebagian blogger tidak memperhatikan blognya sehingga blog yang dimiliki tidak menarik dan mempunyai pengunjung yang rendah. 

Yang Membuat Blog Tidak Menarik
Sebagian blogger mengeluh karena blog yang dimilikinya tidak kunjung mendapatkan visitor yang banyak, tanpa sadar dirinya telah melakukan kesalahan. Untuk itu, jika kamu adalah seorang blogger yang ingin serius di bidang ini, dan ingin menambah traffic blog kamu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hindari hal-hal di bawah ini:

1. Tipe menulis

Semua blogger mempunyai tipe menulis yang berbeda-beda. Tidak masalah, karena menulis tergantung bagaimana diri kita sendiri, namun masih bisa dikatakan wajar jika menulis masih dalam kategori normal-normal saja. Blog tidak menarik biasanya mempunyai tulisan yang tidak rapih dan mempunyai kosa kata yang aneh. Lebih banyak menulis menggunakan kosa kata yang banyak dimengerti.

2. Loading blog

Yang kedua ini tidak kalah penting, banyak blogger ingin memperbagus tampilan blognya, sehingga memasukkan banyak pernah-pernik yang membuat blog tersebut menjadi berat untuk diakses. Lebih baik menggunakan navigasi yang cukup dan mempermudah pengunjung dibandingkan banyak navigasi namun hanya membuat blog berat.

3. Tampilan

Masih berhubungan dengan point nomor 2, tampilan juga sangat menjadi pengaruh besar. Sebaiknya hindari tampilan dengan warna yang mencolok atau terlalu gelap, karena hanya akan membuat mata pengunjung lelah dan pergi meninggalkan blog kamu.

Pilih warna yang halus, tidak mencolok, karena mata pengunjung sudah lelah dengan sinar monitor komputer, usahakan jangan menambah lelah mata pengunjung.

4. Kurangnya navigasi

Navigasi seperti kolom search, postingan terbaru, artikel populer, adalah navigasi penting yang harus kamu pasang di blog. Jika tidak ada, maka pengunjung kamu akan kesulitan mencari informasi penting dan enggan untuk berkunjung kembali karena blog kamu tidak mengutamakan pengunjung.

5. Copy paste

Hal penting yang sering dicari oleh kebanyakan orang adalah konten, atau tulisan di blog kamu. Blog kamu akan menjadi tidak menarik lagi jika isi dari blog kamu kebanyakan hasil copy paste dari blog lain. Usahakan jangan sampai ada tulisan yang mengambil dari orang lain, karena selain termasuk pencurian, hal tersebut tidak akan menambah skill kamu dalam ngeblog. Lebih baik menulis yang original, bisa dimulai dari hal-hal disekitar kita, misalnya tentang lingkungan, atau cerita sehari-hari.

***

Sekian postingan kali ini, sebisa mungkin hindari hal-hal di atas jika ingin mempunyai blog yang menarik dan mempunyai banyak pengunjung. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu baru tentang dunia blogging. Terima kasih sudah membaca, jika ada masukan silahkan berkomentar di komen box di bawah.

Semoga kamu menjadi blogger yang keren dan mempunyai blog yang menarik, salam sukses! Baca juga: Tips menjadi stand up comedian buat pemula