16 Desember 2014

Tips Menerbitkan Sebuah Buku ke Penerbit Besar


Menulis sebuah buku menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang, karena dapat menghasilkan sebuah karya yang telah ditunggu sejak lama. Terutama bagi blogger, menerbitkan sebuah buku ibarat melahirkan sebuah anak baru. Biasanya hanya bisa menulis di blog, namun ketika sudah menerbitkan buku, rasanya sangat luar biasa.

Tips Menerbitkan Sebuah Buku ke Penerbit BesarMenerbitkan buku itu mudah, namun ada juga yang mengatakan sulit, karena ditolak penerbit sana sini, padahal sudah menulis sebaik mungkin. Menerbitkan sebuah buku sebenarnya ada teknik tersendiri, karena jika asal. Kemungkinan penerbit akan selalu menolak naskah yang kita kirim. Langsung saja, seringdicari akan berbagi sedikit tips tentang menerbitkan sebuah buku. Cekidot!

1. Jangan malas
JIka ingin menerbitkan buku, yang terpenting adalah tidak boleh malas. Menurut Windy Ariestanti (Editor penerbit Bukune), penulis bukan pekerjaan untuk orang malas. Benar sekali. Percuma saja mempunyai ide bagus dan istimewa jika tidak dikerjakan, lebih memilih bermalas-malasan dan menundanya. 

2. Menyelesaikan naskah
Untuk menulis sebuah buku pastinya harus mempunyai naskah, jalan satu-satunya untuk mempunyai naskah adalah menuliskan pemikiran kita. Panjang naskah yang dibutuhkan penerbit biasanya minimal 85 halaman. Selesaikan sesuai permintaan penerbit, jangan mengirim naskah kurang dari minimal yang ditentukan.

3. Memilih penerbit
Setelah menyelesaikan naskah, langkah selanjutnya memilih penerbit yang cocok dengan genre tulisan kamu. Jangan sampai keliru. Naskah kamu tentang otomotif kamu kirim ke penerbit yang lebih cenderung menerbitkan buku-buku percintaan, kemungkinan besar akan ditolak.

4. Menunggu
Setelah dikirim ke penerbit, tunggulah naskah tersebut. Apakah akan diterima atau ditolak oleh penerbit. Jika diterima, kamu akan melanjutkan langkah selanjutnya. Jika ditolak, penerbit pasti akan member alas an kenapa naskah kamu ditolak. Perbaiki kesalahan tersebut, kemudian kirim lagi ke penerbit.

Karena biasanya penerbit member kabar sangat lama, mengingat naskah yang masuk juga sangat banyak. Kamu bisa mengirimkan naskah kamu ke penerbit lain, semakin banyak penerbit yang kamu kirimi naskah, semakin besar peluang naskah kamu akan diterima oleh salah satu penerbitnya.

***
( i ) Usahakan naskah kamu unik, berbeda dengan naskah lain. Dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Naskah bagus bukanlah apa-apa jika naskah tersebut tidak menjual.

Sekian. Sedikit tips dari seringdicari. Jika belum jelas kamu boleh bertanya di komen box, atau jika ada kurangnya kamu juga bisa menambahi. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang masih kebingungan bagaimana caranya menerbitkan sebuah buku. Terima kasih sudah membaca, semoga naskah kamu diterima dan kamu menjadi penulis yang hebat, mempunyai buku best seller. Aamiin!



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Tips Menerbitkan Sebuah Buku ke Penerbit Besar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.