24 November 2014

Cara Agar Lovebird Rajin Bertelur


Jika Anda beternak lovebird, kesabaran menjadi hal yang utama untuk membuat lovebird produktif bertelur. Karena bisa saja lovebird mogok bertelur karena beberapa faktor. Agar lovebird mempunyai anak yang banyak, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Mengingat lovebird membutuhkan waktu 21 hari untuk mengerami, dan 2 bulan untuk menyapih anak secara normal, maka sangat sedikit dalam satu tahun jika tidak melakukan cara yang tepat saat beternak.

Cara Agar Lovebird Rajin Bertelur

Di postingan ini seringdicari akan berbagi tips sedikit tentang bagaimana supaya burung lovebird peliharaan Anda semakin produktif. Produktivitas seekor burung sangat berkaitan dengan cara memelihara. Langsung saja, berikut caranya :

Pakan

Perhatikan makanan burung, berikan makanan berfariasi setiap harinya agar burung tidak bosan dan vitamin tetap terjaga. Berikan milet sebagai makanan utama, namun makanan tambahan seperti kangkung, kecambah, jagung, sangat diperlukan.

Jika Anda mempunyai rejeki lebih, bisa juga ditambahkan suplemen yang bisa didapatkan di pet shop. Suplemen berbentuk cairan yang dicampur dengan air minum, berikan setiap hari. Suplemen banyak macamnya, ada yang untuk daya tahan tubuh, bulu yang sehat, dan untuk membuat burung cepat bertelur.

Suasana

Lovebird bisa saja setress karena suasana yang tidak nyaman, jika ingin selalu produktif usahakan kandang cukup besar, dan suasana sekitar nyaman. Sirulasi udara sangat perlu, karena lovebird suka dengan hawa sejuk.

Lebih baik ditempatkan di tempat yang tenang, karena tidak mengganggu proses pengeraman. Jika suasana ramai, otomatis lovebird akan terganggu, merasa diintai sehingga burung tidak bisa mengeram dengan nyaman.

Glodok

Bersihkan glodok (tempat bertelur) setiap kali habis menetas, keberhisan tempat bertelur sangatlah penting untuk menghindari penyakit yang bisa saja dating setiap saat. Gunakan bahan yang nyaman agar induk betah di dalamnya, menggunakan kulit jagung kering, potongan kayu, dan serabut kelapa. 

Usahakan memilih glodok yang besar, karena nantinya bisa saja anak lovebird menetas banyak, bisa 4 bahkan 6. Sangat tidak nyaman kalau glodoknya terlalu kecil.

Batu bata & asinan

Yups, batu bata dan asinan penting ditaruh di dalam sangkar burung yang Anda ternak. Asinan dari tulang sotong untuk vitamin tambahan, sedangkan batu bata untuk pencernaan burung, batu bata juga berguna untuk memperkuat telur agar tidak pecah.

Jumlah telur yang menetas bisa lebih banyak jika burung diberi batu bata. Untuk mempermudah burung, sebaiknya batu bata di hancurkan kecil-kecil dan ditaruh wadah khusus.

Pisahkan anakan

Memisahkan anakan tidak kalah penting agar indukan selalu bertelur, karena jika anakan dipisah, indukan merasa tidak punya tanggung jawab lagi mengasuh anak, mereka akan bertelur kembali. 

Pemisahan dilakukan setelah anakan berumur 10 hari, anakan tidak terlalu kecil untuk diloloh sendiri. Namun jika ingin tidak begitu repot, bisa diambil hari ke 12, anakan sudah mulai membuka mata.

Oke sekian, sedikit postingan kali ini, beternak lovebird sangat mudah, tapi juga membutuhkan ketelatenan. Semoga bermanfaat dan burung ternak Anda semakin banyak dan sehat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Cara Agar Lovebird Rajin Bertelur

2 komentar

Berap jumlah telur ya di keluarkan ya

Berap jumlah telur ya di keluarkan ya

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.