25 Juli 2014

Tips mudik lebaran naik motor maupun kendaraan umum

Alhamdulillah sebentar lagi lebaran, tinggal menunggu beberapa hari saja. Lebaran di Indonesia identik dengan mudik, walaupun termasuk pengguna media sosial terbanyak, budaya mudik tidak pernah hilang bagi masyarakat Indonesia. Tetap ingin bertemu langsung untuk mengobati kangen yang beberapa hari, minggu, bahkan tahun tidak pernah bertemu karena bekerja atau mencari ilmu.

Mudik sangat menyenangkan karena akan bertemu dengan keluarga tercinta, tapi juga mempunyai banyak resiko seperti kecelakaan, atau kecopetan, dll. Nah, untuk itu kita harus berhati-hati agar mudik kita aman dan lancar sampai tujuan. Di postingan ini saya mau berbagi tips sedikit bagaimana mudik aman. Tidak bermaksud mengajari, hanya sekedar sharing saja.

Tips mudik lebaran naik motor maupun kendaraan umum

Mudik menggunakan kendaraan pribadi 


1. Cek kondisi tubuh

Mengecek kondisi tubuh sangat penting, jika agan tidak begitu sehat atau masih tidak yakin menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Sebaiknya agan menggunakan kendaraan umum saja. Istirahat sebelum berangkat mudik sangat diperlukan, agar agan tidak kecapekan ketika ditengah perjalanan nanti. Istirahat dahulu jika mengantuk, mengantuk sangat beresiko kecelakaan jika sambil mengendarai kendaraan.

2. Cek keuangan

Keuangan juga termasuk salah satu yang harus agan cek, karena jika keuangan ngepres, lebih baik menggunakan kendaraan umum saja. Kenapa? Karena mudik menggunakan kendaraan umum lebih pasti biayanya daripada menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi biaya tak terduga lebih banyak, dikawatirkan jika sewaktu-waktu ban bocor, atau masalah yang tidak terduga lainnya. Maka dari itu agan sebaiknya:

3. Cek kendaraan

Sebelum mudik, alangkah baiknya mengecek kendaraan terlebih dahulu. Karena bagaimanapun juga keselamatan kita juga tergantung kendaraan apa yang akan kita bawa mudik. Cek apakah kendaraan dalam kondisi prima atau tidak, segera servis ke bengkel jika ada yang bermasalah. Agar kendaraan agan tidak rewel ditengah-tengah perjalanan.

Mudik menggunakan kendaraan umum


4. Perhatikan bawaan

Jangan lupa memperhatikan barang bawaan, apalagi kalau agan menggunakan kendaraan umum. Karena jumlah pemudik sangat banyak, tidak menutup kemungkinan di dalam bis, kereta, atau pesawat yang agan naiki barang bawaan bercampur dengan barang orang lain. Jika tidak diawasi takutnya akan tertukar atau hilang. Cek selalu saku dan tas agan, karena copet selalu mengintai.

5. Berdoa

Dan yang terakhir, tidak kalah penting. Berdoa sebelum dan sesudah mudik, karena keselamatan kita ada di tangan Tuhan. Jangan lupa selalu berdoa agar diberi kelancaran saat mudik.

Sekian, beberapa tips mudik dari saya. Jika agan ada tambahan atau masukan silahkan berkomentar di komen box. Semoga postingan saya ini bermanfaat, semoga juga agan-agan sekalian diberi kelancaran mudik, selamat sampai tujuan dan bertemu dengan keluarga tercinta. Aamiin!^_^


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Tips mudik lebaran naik motor maupun kendaraan umum

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.