13 Maret 2014

Cara menambahkan search by voice di blog / website

Semua pengunjung blog pasti ingin mencari sesuatu dengan mudah di blog orang yang dikunjungi, ketika mampir ke blog orang dan kesulitan menemukan informasi, yang dibutuhkan adalah search box di blog / website tersebut. Nah, buat Agan yang punya blog / website, manjakan pengunjung blog / website Agan dengan fitur search menggunakan suara "Search by voice".

Fitur ini di adopsi dari Google, mesin pencari terbesar di dunia. Tentunya akan bagus jika digunakan juga di blog / website Agan.

search by voice di blog / website


*Klik untuk perbesar gambar*

Untuk menambahkan fitur "Search by voice" ini Agan tidak perlu merubah, cukup menambahkan kode untuk menampilkan tombol pencarian suara. Agan cukup menambahkan kode x-webkit-speech="" pada input di kode HTML kolom search di blog Agan.

Berikut adalah kolom search di blog saya.

<form action='/search' id='cse-search-box' method='get'>
<input id='search-text' name='q' onblur='if(this.value==&apos;&apos;)this.value=this.defaultValue;' onfocus='if(this.value==this.defaultValue)this.value=&apos;&apos;' type='text' x-webkit-speech="" value='Cari di sini ...'/>
<button id='search-button' type='submit'/>
</form>

Dan hasilnya seperti ini:

search by voice di blog / website


Yang Agan perlu perhatikan adalah, fitur "Search by voice" ini hanya muncul ketika Agan menggunakan browser Google chrome, tidak akan muncul ketika Agan menggunakan browser lain.

Sekian cara menambahkan "Search by voice" di blog, semoga bermanfaat, selamat mencoba! ^^


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Blog berisi informasi seputar tips blog, adsense, bisnis online, cinta dan wisata yang ditulis secara ringan dan mudah dipahami.

Related : Cara menambahkan search by voice di blog / website

Terima kasih atas kunjungan dan komentar, dimohon untuk tidak menaruh link aktif, spam dan segala macam kebencian di dalam kolom komentar. Karena akan dihapus oleh admin.